JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Ignasius Jonan selaku Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Archandra Tahar selaku Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jumat (14/10/2016) siang.

Posisi Menteri ESDM Ignasius Jonan mengisi jabata Menteri ESDM yang selama diisi oleh Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan yang ditinggalkan oleh Arcandra Tahar karena dicopot secara hormat oleh Jokowi dari kursi Menteri ESDM.

Presiden Jokowi usai pelantikan menyampaikan bahwa semuanay sudah mengenal Ignasius Jonan dan Archandra Tahar yang baru dilantik sebagai Menteri ESDM dan Wamen ESDM. Penunjukan duet Jonan dan Archandra, kata Jokowi, diyakini mampu melaksanakan misi reformasi pada sektor ESDM.

Menurut Jokowi, penunjukan duet Jonan-Archandra merupakan isu manajemen tak terkait persoalan pribadi dan politik. Jokowi berharap kepada semua pihak memahami serta tak membawa soal penunjukan Jonan-Archandra dalam ranah politik.

Jokowi menilai sosok Jonan-Archandra adalah tipe pekerja keras walaupun terkadang selalu bersikukuh dengan prinsip-prinsip yang mereka miliki. Kedua sosok ini juga dinilai sebagai orang yang selalu tak berpangku di kantor semata.

“Meskipun saya tahu dua-duanya keras kepala, tapi suka terjun ke lapangan,” kelakar Presiden.

Ignasius Jonan adalah Menteri Perhubungan sejak 27 Oktober 2014 hingga 27 Juli 2016. Dia diberhentikan dari Menteri Perhubungan saat Jokowi menggelar Reshufle kabinet pada Juli lalu. Jonan sebelumnya berkecimpung sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sedangkan Archandra Tahar adalah mantan Menteri ESDM yang hanya menjabat selama 20 hari setelah diberhentikan pada saat polemik memiliki pasport Amerika Serikat. Arcandra Tahar dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016 lalu. (KSP.go.id/asr)

Share

Video Popular