Setiap orang yang pergi ke pusat kebugaran pasti mengenal latihan plank. Ada banyak artikel yang mengulas tentang latihan ini, namun apakah Anda mengetahui manfaat berlatih plank?

Anda memperoleh manfaat yang besar dengan melakukan plank secara rutin, terutama bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas duduk selama berjam-jam. Kurangnya waktu tidak seharusnya menjadi alasan, karena Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk berlatih. Terlebih lagi, Anda dapat melakukan 2 kali sehari, di pagi dan malam hari.

Mempelajari latihan ini cukup mudah, tetapi bagi Anda yang belum pernah melakukannya, cobalah untuk menonton video di akhir artikel ini.

Inilah alasan mengapa Anda harus berlatih plank setiap hari.

1. Memperbaiki postur tubuh

Berlatih plank dapat mengaktifkan otot-otot yang bertugas menjaga postur tubuh yang tepat. Latihan ini memperkuat otot-otot perut dan psoas (otot yang terletak di belakang diafragma atau menempel di tulang belakang), yang membantu menstabilkan tulang punggung dan pinggul. Dengan demikian membantu mencegah timbulnya masalah postur tubuh yang umum terjadi, seperti punggung bungkuk dan bagian panggul yang condong ke depan.

2. Mengurangi risiko nyeri punggung bagian bawah

Latihan plank biasanya direkomendasi oleh para terapis fisik sebagai latihan rehabilitasi untuk nyeri punggung bawah. Hal ini dikarekan plank dapat memperkuat inti tubuh tanpa meletakkan banyak tekanan pada tulang punggung.

ACE (American Council on Exercise, dewan olahraga Amerika) mengatakan bahwa berlatih plank secara teratur akan mengurangi risiko nyeri punggung bawah dan meningkatkan kekuatan pada seluruh punggung.

Sebagai catatan, latihan inti selain plank, seperti crunch dan sit up, dapat membuat cedera tulang punggung, jadi hindari latihan ini apabila Anda menderita nyeri punggung bawah.

3. Meningkatkan metabolisme

Tubuh akan menguras energi yang lebih banyak saat berlatih plank dibanding dengan kebanyakan latihan inti lainnya (misalnya bird dog, superman, glute bridges, dan flutter kick). Jadi berlatih plank akan membantu membakar kalori selama dan setelah latihan.

Anda akan dapat menyingkirkan lemak dengan lebih cepat dan menjaga selalu tampil energik saat menjalani rutinitas hari.

4. Tubuh menjadi lebih fleksibel

Melakukan posisi plank dapat meregangkan otot-otot tubuh bagian atas dan bagian bawah. Pada tubuh bagian atas, plank meregangkan bahu, tulang selangka dan belikat. Sementara di bagian bawah tubuh, plank meregangkan lengkungan kaki, paha belakang dan jari-jari kaki.

Melakukan gerakan plank samping secara teratur akan meregangkan kedua sisi tubuh. Cobalah melakukan posisi plank yang berbeda untuk mendapatkan lebih banyak fleksibilitas.

5. Menguatkan mental

Jika Anda pernah melakukan plank sebelumnya, maka Anda mengetahui bahwa plank bukanlah latihan yang mudah. Ia membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang besar untuk menahan posisi plank selama mungkin dilakukan.

Seiring Anda terus berupaya meningkatkan waktu berlatih, tubuh dan pikiran Anda akan tumbuh semakin kuat dan terus kuat. Kekuatan mental yang Anda peroleh akan membantu Anda menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

6. Keseimbangan tubuh

Berdiri dengan satu kaki tidak menjadi hal yang sulit untuk dilakukan jika Anda telah berlatih plank secara teratur. Perlu diketahui bahwa otot-otot perut dan oblique memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Kini Anda mengetahui manfaatnya. Mulailah berlatih saat ini juga. Jangan lupa untuk menggunakan stopwatch, dan terus berupaya meningkatkan durasi setiap set latihan. (Epochtimes/Vivi)

Share

Video Popular