Oxybenzone adalah bahan kimia yang dapat menyerap cahaya ultraviolet yang digunakan sebagai bahan utama dalam banyak lotion dan semprotan tabir surya.

Senator Hawai, Will Espero memimpin upaya untuk melarang tabir surya yang mengandung oxybenzone atau bahan serupa, karena penelitian terbaru telah menunjukkan hal itu dapat membunuh terumbu karang. Espero tidak hanya bertujuan untuk melarang oxybenzone di Hawaii, tetapi juga memromosikan undang-undang yang sama di dunia internasional.

Beberapa ilmuwan dan pembuat kebijakan di International Union for Conservation World Conservation Congress pada September 2016 lalu menyerukan agar semua negara kepulauan tropis untuk melarang produk tabir surya tersebut. Hal ini tentunya juga menunjuk kepada Indonesia yang merupakan salah satu negara kepulauan tropis terbesar di dunia.

Pada 2015, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh tim ilmuwan internasional, menemukan bahwa terumbu karang yang mengandung oxybenzone berkonsentrasi tinggi di seluruh di Hawaii dan Karibia tidak hanya membunuh karang, tetapi juga menyebabkan kerusakan deformasi DNA karang pada tahap larva. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Archives of Environmental Contamination and Toxicology.

Terumbu karang amat penting bagi ekosistem laut, perikanan, serta pariwisata. Mereka menghadapi banyak masalah selain dari polusi air akibat tabir surya, termasuk kerusakan dari berbagai kontaminan lainnya dalam air. Namun dengan adanya larangan oxybenzone setidaknya akan menjadi sebuah solusi bagi salah satu permasalahan.

Efeknya bagi manusia

Sonya Lunder, seorang analis senior di Environmental Working Group yang memegang gelar master kesehatan masyarakat, mengatakan kepada WebMD: “Oxybenzone tampaknya mampu menembus kulit dan mungkin memiliki beberapa aktivitas layaknya hormon di dalam tubuh manusia.”

Namun Kate Puttgen, MD, seorang dokter kulit pediatrik di Johns Hopkins Children’s Center di Baltimore, AS, mengatakan kepada Web MD: “Saya belum melihat data yang menunjukkan bahwa jumlah kecil dari penyerapan oxybenzone yang berisiko bagi tubuh manusia.”

Menurut laporan WebMD, tabir surya dibuat dengan titanium dioksida atau seng oksida sehingga kerap dianggap memiliki risiko yang minimum bagi tubuh.

Alternatif lain ketika melakukan penyelaman di dekat terumbu karang adalah dengan memakai pakaian selam anti ruam dan bukannya tabir surya. (Epochtimes/Osc/Yant)

Share

Video Popular