Ledakan beruntun terjadi di pabrik pupuk kimia Jinkai di kota Kaifeng, Henan, Tiongkok pada Jumat (14/10/2016) sekitar pukul 23:00. Suara ledakan berlangsung sampai 20 menit dan terdengar sampai 3 km. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah ada korban tewas atau yang cedera.

Netizan yang tinggal tidak jauh dari lokasi pabrik memberi beragam komentar. “Rasa kantuk hilang seketika”, “Saya pikir itu adalah gemuruh guntur”, “Suaranya seperti petasan beruntun, rekan saya bahkan mengira ada pesawat udara yang jatuh”.

Sebuah universitas yang terletak tak jauh dari pabrik tersebut sudah mengeluarkan instruksi kepada para mahasiswanya agar menggunakan masker.

Kabarnya ledakan sudah pernah terjadi di pabrik pupuk kimia tersebut pada 3 September dini hari tahun lalu, yang membuat warga sekitar ketakutan. Khawatir ledakan seperti yang terjadi di pelabuhan Tianjin akan terulang kembali. Hanya saja informasi yang relevan diblokir ketat karena hari itu bertepatan dengan diselenggarakannya parade militer di Beijing.

Ledakan besar di pabrik pupuk kimia Jinkai di kota Kaifeng, Henan pernah terjadi pada 3 September 2015. (foto internet)
Ledakan besar di pabrik pupuk kimia Jinkai di kota Kaifeng, Henan pernah terjadi pada 3 September 2015. (foto internet)

Sebelumnya, masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik yang dibangun hanya berjarak 2 km dari pusat keramaian kota Kaifeng itu sudah sering mengeluhkan soal polusi pabrik yang sangat tinggi kepada pemerintah daerah.

Bau yang sangat menyengat hidung bisa tercium oleh warga setiap harinya. Asap berwarna kuning yang beterbaran membuat jarak pandang menurun hingga tidak lebih dari 10 meter. Di sekitar lokasi pabrik itu termasuk daerah yang beresiko tinggi terkena penyakit kanker. Suara ledakan sering terdengar dari dalam lokasi pabrik dan menimbulkan korban.

 

 

Share

Video Popular