Teknologi elektronik yang semakin berkembang mengakibatkan semakin banyak warga dunia yang menderita miopia, dengan usia yang semakin muda. Pemakaian kacamata bagi kaum penderita miopia, tampaknya memiliki pengaruh yang kecil terhadap kehidupan, orang-orang pun sudah terbiasa dengannya. Penyebab miopia sebagian besar adalah akibat kurangnya perawatan terhadap mata, sehingga mata berpeluang menjadi rusak.

Miopia adalah istilah dari pengobatan kedokteran Barat, penyebab penyakit ini biasanya adalah penggunaan berlebihan dari mata yang merusak darah dari liver dan Qi (dibaca: chi, energi vital) di dalam meridian di seputar mata tidak berjalan dengan lancar, yang mengakibatkan hilangnya fungsi diastolik (mengembang dan menyusut) normal dari mata. Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) percaya bahwa mata membutuhkan suplemen dan pelembaban yang bergantung pada Yang Qi, atau yang disebut energi vital yang bersifat Yang (unsur positif), jika kekurangan suplemen Yang Qi, tentu fungsi mata akan melemah.

Titik akupuntur Hou Xi dapat melancarkan Yang Qi

Miopia1_kesehatan

Sebenarnya penyebab miopia adalah mata terlalu lelah dan kekurangan Yang Qi untuk membuatnya lembab. Pekerja kantor atau siswa yang sepanjang hari bekerja atau belajar, atau membenamkan diri pada produk 3C (Computer, Communication and Consumer Electronic), dalam jangka waktu lama mempertahankan posisi/sikap tubuh yang sama, hal ini dapat menekan aliran Yang Qi. Ketika Anda mempertahankan posisi bagian tubuh atas condong menjulur ke depan, tulang tengkuk pun menjadi tegang, sehingga meridian Du yang mengontrol Yang Qi menjadi tertekan. Begitu Yang Qi tidak mencukupi maka dapat berakibat fungsi diastolik mata menjadi terhambat, maka akan menyebabkan miopia.

Di tangan kita ada sebuah titik akupunktur yang dapat melancarkan Yang Qi. Sering memijat titik akupunktur Hou Xi (dibaca: hou si) tersebut, berguna untuk perawatan kesehatan mata dan pencegahan efek miopia. Titik akupunktur Hou Xi adalah sebuah titik akupunktur pada jalur meridian usus kecil, juga sekaligus merupakan titik akupunktur persimpangan dari serangkaian sistem meridian, ia bisa melancarkan meridian Du, mengusir api (unsur panas) pada liver, menguatkan Yang Qi, menyelaraskan tulang tengkuk, berefek baik untuk bola mata dan meluruskan tulang belakang. Dapat menyelaraskan ketidaknyamanan pada bagian mata yang disebabkan oleh tertekannya meridian Du oleh sikap tubuh yang tidak lurus dalam aktivitas sehari-hari.

Posisi titik akupunktur Hou Xi: tangan dikepalkan, pada akhir dari guratan pada persendian Metakarpofalangealis itulah letak titik akupunktur tersebut. Guratan itu juga disebut sebagai “garis emosional”, di akhir dari garis itulah letak titik akupunktur Hou Xi .

Cara pijat: dengan ibu jari dan telunjuk secara bersamaan memijat-mijat titik akupunktur Hou Xi, setiap kali lakukan selama lima menit. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular