Stres adalah bagian dari kehidupan. Bagi sebagian besar dari kita, stres adalah sesuatu yang surut dan mengalir, datang melanda kembali beberapa kali dan semakin parah namun hampir tidak nampak pada orang lain. Entah karena peristiwa dalam kehidupan pribadi atau tuntutan pekerjaan, kecemasan akan masa depan, atau peristiwa dunia di luar kendali Anda, Anda akan merasa stres dari waktu ke waktu.

Sementara itu kita semua ingin menghilangkannya dari kehidupan kita, pendekatan yang lebih realistis adalah belajar untuk mengatasinya dengan baik pada saat stres datang melanda.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk Anda lakukan pada saat Anda merasa stres yang melanda semakin parah.

Hirup nafas dalam-dalam

Hentikan apa yang sedang Anda lakukan. Berdiam diri. Ambil nafas dalam-dalam secara perlahan, tahan nafas, kemudian buang nafas dan ulangi.

Usahakan selalu merasa bersyukur

Tulis di atas kertas hal-hal yang Anda syukuri.

Jadwal ulang acara

Jika Anda kewalahan menghadapi stres yang sedang melanda, maka negosiasi ulang beberapa janji Anda di waktu kedepan. Dengan menjadwal ulang atau membatalkan satu acara akan meringankan stres.

Kurangi membaca atau mendengar berita

Sangat sedikit orang yang harus terus-menerus memperbarui berita mengenai peristiwa yang terjadi di dunia. Jangan membaca atau mendengar berita selama beberapa hari dan lihatlah apakah kecemasan Anda berkurang atau tidak.

Makan makanan alami secara perlahan

Luangkan waktu untuk duduk dan menikmati makanan Anda, mengunyah makanan Anda secara perlahan, mencicipi citarasanya, dan menikmati setiap gigitan. Kurangi makan makanan olahan dan perbanyak makan makanan alami akan menyehatkan tubuh Anda.

Menertawakan diri sendiri

Di depan kaca dan mulailah menertawakan diri sendiri, maka Anda mengurangi hormon stres di dalam tubuh.

Jalan-jalan

Berjalan sambil menikmati alam. Lihatlah sekitar Anda (bukan pada telepon genggam Anda), nikmati lingkungan sekitar Anda, menikmati gerakan tubuh Anda dan hirup udara segar.

Merapikan yang berantakan

Rapikan hal yang membuat berantakan pada laci, lemari, atau ruang akan memberi dampak positif yang mengejutkan..

Bermain dengan anak Anda

Lupakan sejenak daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan dan bermainlah dengan anak-anak Anda sehingga mengingatkan Anda untuk menikmati apa yang sedang berlangsung saat ini. Kekonyolan, tertawa, dan bersenang-senang.

Mendengarkan lagu yang menenangkan

Musik dapat memberi dampak yang bermakna terhadap suasana hati dan stres yang Anda alami. Pilihlah lagu yang menenangkan.

Meditasi

Meditasi dapat memberi efek yang kuat untuk meredakan stres yang Anda alami.

Mendapatkan kualitas tidur yang cukup

Tidur adalah penting. Sediakan waktu yang cukup di malam hari untuk bersantai, tenang, dan tidur. Jangan minum kafein di malam hari. Secara bertahap redupkan lampu di rumah Anda. Pasang perangkat digital di ruangan lain, namun tidak boleh di kamar tidur. Buka jendela supaya udara segar masuk ke kamar tidur saat Anda tidur. Yang pasti jadwalkan hari Anda untuk memastikan Anda mendapat tidur yang cukup setiap malam.(Epochtimes/Vivi)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular