DENPASAR – Jembatan Kuning atau dikenal Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan di Kabupten Klungkung, Bali runtuh pada Minggu (16/10/2016) pukul 18.30 Wita akibat kabel sling yang terputus.

Berdasarkan laporan dari Dinas Pekerjaan Umum, jembatan ini merupakan jembatan kabupten Sematapura – Klungkung  yang dibangun sekitar 1995 silam dengan bentang H beam 25 meter – gantung 90 meter dan H beam 25 meter sehingga total panjang 140 meter dengan lebar sekitar 120 cm. Jembatan awalnya hanya diperuntukan bagi penyeberangan manusia namun sering dilalui sepeda motor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Kamis (13/10/2016l) lalu sebenarnya sudah dilakukan inspeksi. Pada saat itu jembatan Kuning sudah dinyatakan kritis untuk dilewati.

Pada saat itu, rambu larangan melintas telah dipasang. Namun demikian, masyarakat tetap memanfaatkan karena satu-satunya jembatan menghubungkan kedua pulau. Sutopo menambahkan, tidak adanya alternatif yang mudah untuk menyeberang ke kedua pulau tersebut menyebabkan jembatan tetap digunakan.

Apalagi saat bersamaan sedang ada upacara agama Nyepi Segara di Pura Bakung. Diduga akibat kelebihan beban karena ada banyak orang dan 17 sepeda motor yang berada di atas jembatan saat runtuh. Sebelumnya jembatan ini sudah mengalami kerusakan dan beberapa kali dilakukan perbaikan. Usulan penanganan jembatan dengan bentang 150 meter sudah diajukan melalui DAK kabupaten 2017.

Laporan yang dihimpun oleh BNPB dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung dan Pusdalops BPND Bali  menyebutkan, sebelum runtuh jembatan tersebut sudah goyang-goyang kemudian ambruk, Minggu (16/10/2016) pukul 18.30 Wita.

Beberapa pengendara motor dan orang pada saat itu jatuh ke laut yang sedang surut. Namun demikian, beberapa warga yang ada di lokasi langsung berusaha menyelamatkan korban yang jatuh. Bahkan beberapa korban yang jatuh ada yang langsung berenang menyelamatkan diri dan berjalan di selat. (asr)

Share

Video Popular