Serba sibuknya orang-orang sekarang dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya, mungkin jarang memiliki kesempatan untuk benar-benar bisa memasak masakan tiga kali sehari. Tapi ini tidak berarti kita harus menghabiskan waktu sepekan dengan makanan cepat saji atau makanan beku. Sebenarnya, Anda dapat menikmati masakan keluarga yang sehat jika bisa memanfaatkann dengan trampil tips berikut ini.

1. Beli satu ekor ayam panggang matang. Ayam adalah sumber protein yang paling praktis dan simple. Belilah satu ekor ayam panggang utuh ! Dengan begitu, pengolahan yang cepat dengan berbagai jenis olahan ayam bukan hal yang sulit lagi. Daging ayam cukup diiris atau dipotong, kemudian simpan dalam wadah masing-masing untuk kebutuhan waktu (hari) yang tidak sama, baik diolah menjadi makanan panas atau dingin, Anda bisa mengolahnya sesuai keinginan. Dan lebih hebatnya lagi, Anda bisa menyerap proteinnya dengan mudah tanpa perlu lagi repot-repot menyalakan kompor untuk memasak.

2. Gunakan elektric pot. Panci listrik praktis dan mudah digunakan, hampir tak perlu dibersihkan secara khusus, cukup tekan tombolnya, setelah itu Anda bisa sibuk dengan pekerjaan lain. Lebih hebatnya lagi, terdapat beragam resep masakan dari panci listrik, misalnya di situs (https://www.reddit.com/r/slowcooking/), menyediakan resep masakan yang melimpah.

3. Lebihkan satu porsi. Anda bisa lebihkan satu porsi untuk menu hidangan tertentu yang disukai saat memasak. Dengan begitu, tidak hanya dapat dinikmati sebagai menu makan malam, tapi juga untuk bekal makan siang hari keesokannya juga sudah tersedia, jadi sama dengan sekali menuntaskan dua menu makan sekaligus. Tapi sebelumnya kita harus siapkan dengan ideal berapa banyak porsinya untuk sekali makan, sehingga dengan demikian tidak khawatir akan tersisa jika ada tambahan satu porsi.

4. Usai membeli bahan-bahan makanan/ masakan sebaiknya langsung diolah. Usai belanja dari pasar, jangan lantas memasukkan barang-barang belanjaan ke kulkas. Keluarkan bahan-bahan maasakan, yang perlu dipotong atau iris, sebaiknya dipotong atau diiris, dan yang perlu dicuci dibersihkan, kemudian letakkan dalam wadah, baru masukkan ke kulkas. Dengan cara ini, dapat membantu Anda menghemat banyak waktu setiap hari hanya untuk memotong atau mencuci dan sebagainya.

5. Jangan berbelanja pada saat perut kosong. Sebaiknya sipakan daftar belanja saat akan membeli sesuatu, rencanakan dengan baik, dan lakukan dengan ketat saat berbelanja. Jika saat lapar lalu belanja secara membabi buta, hal ini akan membuat Anda rentan atau tergoda untuk membeli sesuatu yang sama sekali tidak dibutuhkan, tidak hanya membuang-buang waktu, tapi juga membuang-buang uang.

6. Sedia payung sebelum hujan. Ada kalanya kita akan menemui beberapa situasi tak terduga, sehingga membuat kita tidak sempat membeli sesuatu, bahkan tidak bisa memasak, seperti mialnya banjir. Untuk menghindari terjadinya krisis makanan, sebaiknya pada hari-hari biasa siapkan payung sebelumm hujan, siapkan sejumlah makanan di rumah, untuk kebutuhan yang tak terduga.

7. Bersihkan secara teratur makanan di dalam kulkas. Bersihkan lemari es setiap sepekan, buang makanan-makanan sisa atau yang sudah kadaluarsa, supaya isi kulkas bisa lebih segar. Dengan begitu, akan menjadi lebih mudah membuat daftar belanja minggu berikutnya, dan rencana mengolah masakan untuk minggu juga menjadi lebih sederhana

8. Siapkan aneka bumbu kalengan. Biasanya ketika kita buru-buru mempersiapkan hidangan sehari-hari, kita sama sekali tidak ada waktu lebih memikirkan masalah bumbu. Sebaiknya siapkan bumbu masak yang diperlukan sehari-hari, kecuali garam dan merica, sebaiknya siapkan bumbu masak lain atau lada dan cabai. Dengan begitu, kita bisa mengubah rasa yang tidak sama setiap saat diperlukan. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular