Penelitian menunjukkan bahwa naik roller coaster membantu pasien mengeluarkan batu ginjal dengan tingkat keberhasilan hampir 70 persen.

David Wartinger, seorang profesor emeritus di departemen spesialisasi bedah osteopatikdi Universitas Michigan, memimpin studi pilot (penelitian versi kecil sebagai persiapan penelitian yang lebih besar) dan penelitian diperluas untuk menilai apakah cerita yang dia dengar dari para pasiennya itu benar.
Studi pilot tersebut muncul dalam Journal of American Osteopathic Association.

“Banyak pasien saya mengatakan bahwa setelah mereka naik roller coaster tertentu di Walt Disney World, batu ginjalnya keluar. Bahkan saya punya satu pasien yang mengatakan ia telah mengeluarkan tiga batu yang berbeda setelah beberapa kali naik roller coaster,” kata David Wartinger

Hal inilah yang menyebabkan David Wartinger menguji teori tersebut. David Wartinger menggunakan model tiga dimensi sebuah ginjal buatan yang berongga yang diisi dengan tiga batu ginjal yang tidak lebih besar dari 4 mm. David Wartinger menaruh model ginjal buatan tersebut di dalam ransel di lokasi wahana Big Thunder Mountain sebanyak 20 kali. Hasilnya membuktikan bahwa laporan pasiennya adalah benar.

“Dalam studi pilot, duduk di mobil terakhir dari rangkaian roller coaster menunjukkan tingkat keberhasilan pengeluaran batu ginjal sekitar 64 persen, duduk di beberapa mobil urutan pertama dari rangkaian roller coaster menunjukkan tingkat keberhasilan pengeluaran batu ginjal sekitar 16 persen,” kata David Wartinger.

Penelitian ini diperluas, dilakukan bersama dengan Mark Mitchell, seorang warga Michigan State University pada saat itu, di mana para peneliti diikat dengan beberapa model ginjal yang naik roller coaster yang sama. Peneliti menemukan hasil yang lebih baik jika peneliti duduk di bagian belakang roller coaster, dengan tingkat keberhasilan pengeluaran batu ginjal sekitar 70 persen. Peneliti juga menemukan bahwa kedua penelitian tersebut menunjukkan tingkat keberhasilan pengeluaran batu ginjal 100 persen jika batu-batu ginjal itu terletak di ruang atas ginjal.

“Keseluruhannya kami menggunakan 174 batu ginjal dari berbagai bentuk, ukuran dan berat untuk melihat apakah masing-masing model batu ginjal dikeluarkan pada perjalanan roller coaster yang sama dan pada dua roller coaster lainnya. Big Thunder Mountain adalah satu-satunya roller coaster yang mengeluarkan batu ginjal. Kami sudah mencoba di roller coaster Space Mountain dan Aerosmith Rock ‘n’ Roller, namun pengeluaran batu ginjal di kedua roller coaster ini gagal,” kata David Wartinger.

David Wartinger menjelaskan bahwa roller coaster Space Mountain dan Aerosmith Rock ‘n’ Roller terlalu cepat dan terlalu berbahaya sehingga gaya gravitasi memutar batu ginjal ke dalam ginjal sehingga tidak mengeluarkan batu ginjal.

“Roller coaster yang ideal adalah yang bergerak secara kasar dan cepat dengan beberapa kelokan yang berliku-liku dan putaran, tetapi tidak ada gerakan naik turun atau terbalik,” kata David Wartinger.

Diperkirakan sekitar 300.000 orang per tahun mengunjungi ruang gawat darurat rumah sakit karena menderita batu ginjal dengan mengeluarkan biaya pengobatan berkisar antara 5.000 dolar AS hingga 10.000 dolar AS.

Litotripsi adalah prosedur penghancuran batu di saluran kemih dengan menggunakan gelombang kejut ultrasonik, yang memecahkan batu ginjal yang terlalu besar supaya dapat keluar, adalah terapi yang sering dilakukan untuk menangani batu ginjal yang terlalu besar. David Wartinger mengatakan prosedur litotripsi biasanya digunakan dalam kasus di mana batu ginjal lebih besar dari 5 milimeter.

“Masalahnya litotripsi meninggalkan sisa-sisa batu ginjal di ginjal yang dapat menghasilkan batu yang lain. Cara terbaik untuk mengeluarkan sisa-sisa batu ginjal adalah dengan naik roller coaster setelah perawatan jika masih ada sisa-sisa batu ginjal yang masih kecil di dalam ginjal,” kata David Wartinger.

David Wartinger menambahkan bahwa pasien dapat naik roller coaster setahun sekali sebagai upaya untuk mengurangi kemungkinan timbulnya batu ginjal di masa depan dan meminimalkan biaya perawatan kesehatan.

“Anda perlu mematuhi peringatan sebelum naik roller coaster. Jika Anda memiliki batu ginjal, dalam kondisi yang sehat dan memenuhi persyaratan perjalanan roller coaster, maka Anda harus mencobanya, karena benar-benar berbiaya murah,” saran David Wartinger.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular