Gajah ini ditemukan dengan cara kreatifnya berusaha untuk tetap tenang di bawah sinar matahari yang menyengat dengan cara menyemprotkan pasir berdebu pada tubuhnya.

Fotografer hewan liar, Richard du Toit (54 tahun), menangkap pemandangan spektakuler tersebut di Taman Nasional Kruger Afrika Selatan, di mana ia menderita kekalahan pada suhu cuaca 38oC akhir pekan ini.

Dalam upayanya mengambil foto tersebut, Toit mendatangi gajah jantan dewasa itu dan mengikuti selama beberapa menit sampai berhenti dan menggores tanah sebelum menyemprot dirinya sendiri dengan gumpalan asap besar pasir dan debu.

Toit menyiapkan peralatan kameranya berharap dapat mengambil foto gajah mengulangi aktivitasnya, berdiri di sekitar 50 meter untuk memastikan bahwa ia tidak menyebabkan hewan itu menjadi cemas atau marah.

Fotografer yang tinggal di Johannesburg itu mengatakan, “Gajah sering mandi debu, dan juga menyemprot dirinya dengan lumpur.”

“Alasannya adalah kemungkinan besar untuk mendinginkan tubuhnya, atau untuk memberikan perlindungan dari gigitan lalat yang bisa menyiksanya. Meskipun saya telah melihat gajah sering melakukan ini, namun sulit untuk memotret dengan baik, jadi saya secepatnya mengatur kamera saya,” ungkap Toit.

Dengan tetap menjaga satu mata pada gajah dan mata lainnya di jalan bergelombang, Toit mengikuti gajah tersebut untuk mengambil foto secara berurutan aktifitas gajah dalam momen-momen tersebut.

Masih tetap melaju perlahan dengan satu tangan pada kamera besar yang ia arahkan menunjuk ke luar jendela, dan sisi lain pada kemudi mobil. Menurutnya taman itu adalah tempat yang ideal untuk mengambil foto-foto hewan dalam lingkungan alam mereka.

Dia menambahkan, “Saya sering mengunjungi Taman Nasional Kruger, dan mengemudi di sana menggunakan kendaraan sendiri. Anda dapat berkeliling dalam taman, tetapi Anda harus tetap berada di dalam kendaraan setiap saat. Di taman itu, gajah sangat berlimpah, dan sebagian besar cukup santai.”

Pada 2015, sensus mengungkapkan bahwa ada lebih dari 17.000 gajah di Taman Nasional Kruger.

Menurut Laporan “African Elephant Status Report” yang diterbitkan oleh Persatuan Internasional Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature), jumlah gajah Afrika di alam liar telah menurun lebih dari 100.000 dalam dekade terakhir ini. (ran)

Share

Video Popular