Wawasan kita selama ini adalah, manusia memiliki lima indera pengecap , yaitu asam, manis, pahit, pedas, asin”. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa manusia dapat mendeteksi keberadaan “pengecap pasta’ yang disebut sebagai indera pengecap keenam. Para ilmuwan berpendapat, hal ini menunjukkan bahwa indera pengecap manusia sangatlah kompleks, tidak sesederhana yang diduga semula.

Penelitian yang diterbitkan beberapa waktu lalu di majalah Chemical Senses mendeskripsikan penyebab adanya indera pengecap keenam adalah dikarenakan manusia zaman sekarang menyukai jenis makanan pasta (Dalam arti luas, “pasta” bisa merujuk semua adonan seperti adonan roti, pastry atau cake): pizza, roti, mie, spaghetti, dan sebagainya.

“Pengecap pasta” indera  keenam?

Menurut laporan CNN, asisten profesor Lin Juyun asisten dosen yang ahli bahan pangan dari Oregon State University Amerika Serikat mengatakan: “Dari pengetahuan yang kita pelajari, dikatakan bahwa manusia hanya bisa mencicipi 5 jenis rasa, tapi sekarang kami menemukan bahwa ternyata manusia memiliki kemampuan merasakan/mengecap zat kimia yang terbentuk dari larutan tepung pati dan asam lemak.”

Para peneliti telah menguji sekitar 100 orang dewasa, keadaan perasaan mereka dalam mengecap beraneka pasta, ditemukan bahwa meskipun seseorang bahkan tidak memiliki pengecap manis, ternyata bisa mengecap rasa pasta.

Menurut Lin Juyun, penyebab indera keenam seperti ini kemungkinan adalah pati yang dicerna oleh air liur di mulut dan rasanya terdeteksi menjadi gula jenis lain yang disebut “glukosa oligomer”. Kami sangat terkejut menemukan pengecap baru semacam ini, karena dahulu orang selalu berpikir hanya bisa mengecap rasa manis dari monosakarida saja.” Kata Lin.

Pengecap itu sangat kompleks

Laporan menyatakan, penelitian ini untuk kali pertama mengakui indera manusia adalah jauh lebih rumit dari persepsi sebelumnya. Lin menyatakan, dewasa ini belum mampu menjelaskan mekanisme spesifik pengecap keenam ini, diperlukan menunggu penelitian lebih lanjut.

Ada juga ilmuwan yang mempertanyakan kredibilitas penelitian ini. Robert Margolskee, CEO dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia AS mengatakan: “Ini tidak mungkin indera pengecap keenam.” Ia berpendapat, ini kemungkinan adalah semacam rasa manis jenis lain.

Ini bukan kali pertama para ilmuwan mencoba untuk menemukan pengujian indera pengecap keenam. Pada 2015, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Purdue University dari negara bagian Indiana AS mencatat, manusia mampu membedakan ragam jenis asam lemak yakni dapat mengecap “rasa berminyak”. Sedangkan pada 2007, para ilmuwan menduga yang sering dikatakan oleh orang-orang tentang “pengecap kesegaran” juga termasuk sejenis indera pengecap.

Ahli Biologi Gary Beauchamp dari Monell Chemical Senses Center menyatakan indera pengecap manusia bukan hanya terdiri dari 5 macam (asam, manis, pahit, pedas, asin) seperti yang diketahui selama ini, dipastikan terdapat berbagai macam indera pengecap lainnya. Ia mengatakan: “Ada beberapa jenis zat yang kemungkinan membentuk indera pengecap keenam, seperti kalsium, minyak, karbon dioksida dan bahkan air.”(Epochtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular