Saat berkemah atau keliling di malam hari, salah satu alat yang mutlak diperlukan adalah senter. Begitu juga ketika piknik di alam terbuka, korek api atau pemantik juga sangat diperlukan.

Sekarang ada sejenis senter baru yang ajaib, sinar senternya yang kuat mampu membakar kertas yang disinarinya, selain itu juga dapat membuat dadar telur dengan menyinari wadah penggoreng atau teflon. Jadi, jangan lupa bawalah senter ajaib ini saat akan berkemah, dengan begitu mungkin tidak perlu lagi membawa korek api atau pemantik.

Perusahaan Wicked Lasers memproduksi perangkat berbasis laser dan senter sebagai produk utamanya. Beberapa tahun lalu, perusahaan ini memperkenalkan sejenis senter baru bernama Flash Torch yang bisa secara langsung menyalakan api. Sekarang, mereka telah menyusutkan sekitar 40% ukuran produk tersebut agar mudah dibawa, dan memberi nama FlashTorch Mini pada produknya.

FlashTorch Mini memiliki panjang 219 mm dan berat 387 gram, energi sinarnya mampu mencapai hingga 2.300 lumen, yang juga memiliki kemampuan untuk menyalakan api dan memasak. Intensitas sinarnya kira-kira sama dengan sebuah proyektor video yang digunakan di ruang kuliah.

Senter ini menggunakan lampu halogen, dengan masa pakai maksimal 1.000 jam. Lensa termal dan reflektornya dapat memancarkan cahaya dan secara langsung membakar kertas yang disinarinya, selain itu juga dapat digunakan untuk membuat dadar telur atau masakan sederhana dengan mengarahkan sinarnya pada cangkir baja  atau peralatan masak lainnya.

Senter ajaib tersebut menggunakan baterai untuk pengisian daya, jika kecerahan diatur ke level maksimum, baterainya hanya mampu bertahan sekitar 30 menit, tetapi jika beralih ke level kecerahan rendah, baterainya mampu bertahan hingga 100 menit.

Selain itu, senter ini juga dilengkapi dengan fitur kunci otomatis, menguncinya agar tidak aktif ketika dimasukkan ke dalam ransel, untuk menghindari dari kerusakan ransel atau barang berharga lainnya atau bahkan menyebabkan kebakaran jika terbakar tanpa disengaja. Produk ini dibanderol dengan harga 200 dolar AS atau sekitar Rp.2.6 juta. (Jhon/asr)

Share

Video Popular