Saat musim panas, cuaca semakin panas. Bagi mereka yang mungkin tidak ada uang untuk membeli AC, jangan khawatir, ada satu solusi yang efektif dan murah : Cukup dengan ratusan ribu Anda sudah bisa membuat AC sendiri, prosesnya juga relatif singkat hanya 10 menit, dapat menurunkan suhu dalam ruangan hingga 10 derajat Celcius.

Householdhacker mendemonstrasikan caranya yang ekonomis dan efektif untuk membuat AC sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan kota styrofoam, dua ventilator, dan satu kipas angin ukuran kecil.

Pertama-tama, letakkan dua ventilator di atas styrofoam, lalu buat tanda atau mal di pinggirnya sesuai dengan ukuran. Kemudian, beri tanda garis juga pada kipas angin dengan cara yang sama.

membuat-ac2

Selanjutnya, potong bagian yang telah ditandai. Anda bisa menggunakan cutter untuk memotongnya, untuk penempatan kipas angin, potong sampai tembus pada tanda garisnya, buang bagian yang telah dipotong.

membuat-ac3

Selanjutnya rekatkan beberapa potongan kertas atau pita pada ventilator, lalu coba tes aliran udaranya.

membuat-ac4

Setelah kipas angin dipasang pada tempatnya,dan dinyalahan akan terlihat potongan kertas melayang-layang tertiup kipas angin.

membuat-ac5

Bekukkan beberapa botol air di dalam kulkas, setelah itu masukkan bersama beberapa kantong es dan botol air dingin itu kedalam styrofoam, dengan demikian kipas angin akan langsung meniup pada kantong es, dan udara yang telah didinginkan itu pun akan tertiup keluar melalui ventilator.

membuat-ac6

Dan proses pembuatan AC seharga Rp. 100 ribu itu pun selesai. Coba tes sejenak udara yang keluar dari ventilator itu, Anda akan rasakan suhunya sekitar 10 derajat Celcius (50 derajat Fahrenheit).

Untuk lebih jelasnya, saksikan demonya dalam video di bawah ini. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular