Orang-orang di DailyWorth telah mengumpulkan beberapa informasi yang penting mengenai bagaimana psikolog setuju bahwa urutan kelahiran kita berpengaruh besar terhadap kepribadian, pendidikan dan karier kita.

Apakah anda seorang anak sulung, anak tengah, anak bungsu, kembar, atau anak tunggal, di sini adalah gambaran bagaimana urutan kelahiran Anda memengaruhi pilihan karier atau kesuksesan anda.

Sulung

Si sulung paling sering memiliki kepribadian tipe A dan memiliki IQ lebih tinggi daripada adik-adiknya.Orangtua sering lebih tegas terhadap si sulung. Tampaknya wanita yang terlahir sebagai si sulung memiliki keuntungan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang terlahir sebagai si sulung adalah 13% lebih ambisius daripada pria yang terlahir sebagai si sulung.

Dalam hal pendidikan, si sulung cenderung 16% lebih tinggi dibandingkan dengan adik-adiknya. Karena derajat pendidikan si sulung lebih tinggi, maka jalur kariernya biasanya membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi. Jabatan CEO lebih banyak diduduki oleh si sulung.

Anak tengah

Karena anak tengah menempati ruang di antara dalam keluarga, anak tengah seringkali lebih ramah dan puas diri. Anak tengah sedikit “yang tidak dapat dikendalikan” saat ia dibesarkan.

Dalam hal pendidikan, anak tengah melakukan cukup baik di kelas terutama untuk mata pelajaran yang mengukur kinerja seperti uji standar. Anak tengah suka persaingan yang sengit. Karena anak tengah pandai menyeimbangkan keluarga, maka ia cenderung tertarik pada pekerjaan yang lebih membutuhkan keahlian sosial.

Anak bungsu

Ketika ada bayi dalam keluarga, maka si bayi cenderung tumbuh menjadi lebih berempati, lebih populer, dan lebih menyenangkan. Namun jika perbedaan usia yang jauh, maka anak bungsu memiliki karakteristik lebih mirip anak sulung.

Meskipun anak bungsu berjuang di sekolah, ia sering bekerja keras untuk tetap berjuang. Alasan si bungsu untuk berjuang adalah karena orang tua tidak terlalu fokus pada kinerjanya. Anak bungsu tampaknya tertarik pada karier dalam bidang artistik dan kreatif seperti seni atau penerbitan.

Anak tunggal

Karena anak tunggal tidak pernah berjuang untuk mendapatkan perhatian, maka ia cenderung lebih mandiri.

Pendidikan anak tunggal mirip seperti anak sulung yang berprestasi. Ketika karier anak tunggal beralih, ia cenderung berusaha untuk meraih posisi atas untuk menegaskan dominasinya.

Kembar

Karena ikatan yang kuat antara anak kembar, maka anak kembar sering mendapat dukungan emosional yang besar dari kembarannya, tetapi harus berjuang untuk merdeka. Si kembar tidak mempunyai prestasi akademik sebagus saudara kandung yang lainnya.

Dalam hal karier, tampaknya anak kembar unggul ketika mereka dapat bekerja sama. Si kembar suka untuk bekerja sama dan meraih sukses besar dalam proyek kewirausahaan.(Epochtimes/Vivi)

Share

Video Popular