- Erabaru - http://www.erabaru.net -

14 Tempat Perlindungan Global, Saat Dunia Terasa ‘Kiamat’

Oleh: Chen Junchun

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pemanasan global, perang, krisis keuangan dan bencana alam lainnya yang membawa banyak penderitaan di dunia ini. Bahkan baru-baru ini tersiar hubungan tegang antara AS-Rusia, berita peringatan ancaman perang dari Rusia yang setiap saat bisa tersulut.

Mengingat “hari kiamat” mungkin akan tiba, Situs Business Insider Amerika merekomendasikan 14 tempat perlindungan global sebagai respon yang mungkin terjadi ketika “kiamat”, kepada pembaca sebagai berikut.

  1. Islandia

Ini adalah negara yang paling terisolasi di Eropa, dia memiliki jarak ratusan mil jauhnya dari negara mana pun. Negara ini memiliki lahan perikanan yang kaya dan industri perikanan yang makmur, tidak perlu khawatir kelaparan.

  1. Pulau Lewis (Isle of Lewis)

Ini adalah pulau terluar Skotlandia, pulau ini jauhnya 3 jam penerbangan dari pulau induk, dan mampu swasembada dan swakelola. Selama 900 tahun terakhir, berkat keberadaannya, tidak ada yang berhasil menyerang Inggris.

  1. Bern

Ini adalah ibukota Swiss, adalah kota terbesar ketiga di negara itu. Pada beberapa abad terakhir, Negara itu selamanya netral secara permanen, ia adalah salah satu tempat ideal untuk melarikan diri dari perang.

  1. Tristan da Cunha

Wilayah yang terletak di Atlantik Selatan wilayah luar Inggris ini, adalah pulau yang paling terpencil dan terluar dihuni manusia di seluruh dunia. Tempat tersebut juga memiliki perikanan yang berlimpah, dapat digunakan sebagai sumber pangan.

  1. Cape Town

Ini adalah kota paling makmur di Afrika Selatan, secara geografis dan ekonomis kurang dipengaruhi oleh negara-negara Barat. Jika pecah Perang Dunia III, maka tempat ini seharusnya sedikit kemungkinannya akan terpengaruh.

  1. Chiang Mai

Ini adalah kota terbesar kedua di Thailand. Ekonom Swiss Marc Faber yang dikenal sebagai “Dr. Doom (Dr. Kiamat)” bertempat tinggal disini. Cendekiawan seperti dia yang sering menerbitkan retorika kiamat memilih untuk tinggal di Chiang Mai, boleh jadi tempat ini memang memiliki sesuatu yang istimewa.

  1. Puncak Jaya

Nah ini terletak di pegunungan provinsi Papua, Indonesia, tempat ini memiliki ketinggian hingga 4.884 meter DPL (Di atas Permukaan Laut), tempat ini memiliki tambang emas terbesar di dunia. Melihat para investor bagaimana dengan emas melindungi nilai ketika terjadi kerusuhan di dunia, maka Anda dapat membayangkan bahwa ini adalah tempat yang baik untuk perlindungan ketika “hari kiamat”.

  1. Guam

Sebuah pulau kecil milik AS yang terletak di sebelah barat samudra Pasifik, pulau ini memiliki fasilitas militer yang kuat, dapat digunakan sebagai tujuan pertahanan selama pecahnya perang.

  1. Yukon

Sebuah tempat ini berlokasi di wilayah barat laut Kanada, sangat kaya dengan satwa liar dan mineral, adalah tempat yang ideal untuk berlibur dan berlindung.

  1. Denver

Denver adalah ibukota negara bagian Colorado, dengan ketinggian 1.000 meter DPL, bisa terlindung dari serangan banjir, didekatnya dikelilingi pegunungan sehingga lebih mudah membuatnya menjadi tempat pertahanan. Selain itu, kawasan ini juga kaya akan cadangan minyak.

  1. Kansas City

Terletak di Missouri City, selain mudah sebagai tempat pertahanan, dan didekatnya juga memiliki tanah yang subur. Selain itu, ia juga merupakan pusat kereta api utama, tidak ada masalah lalu lintas.

  1. Necker Island

Sebuah kepulauan kecil yang terletak di kepulauan Virgin Islands Inggris, pulau ini adalah milik pribadi dari Richard Branson pendiri British Virgin Group. Jika hendak berlindung di tempat itu, mestinya harus terlebih dahulu membangun hubungan baik dengannya.

  1. Tierra del Fuego

Ini adalah kelompok pulau paling selatan di benua Amerika Selatan, di sini angin kencang bertiup, tidak takut ada masalah dengan sisa debu nuklir, dan lokasinya juga cukup jauh, relatif tidak terpengaruh oleh api peperangan.

  1. Antartika

Ini adalah salah satu daerah paling terpencil di dunia dan paling tidak cocok untuk tempat tinggal manusia, tetapi juga merupakan tempat yang sangat baik untuk perlindungan. Bersembunyi di sini, tampaknya bakal tidak ada yang dapat menemukan Anda. (hui/whs/rmat)