Analisa dari sebuah media Korea Utara pada 30 Oktober menunjukkan bahwa ibu negara Korea Utara Ri Sol-ju selama 7 bulan berturut-turut dalam tahun ini tidak terlihat di depan umum, sehingga memicu beberapa spekulasi terhadap diri dan keluarganya.

Media Korea Selatan ‘Yonhap’ memberitakan, penampilan di depan umum terakhir Ri Sol-ju adalah 28 Maret 2016, saat itu ia mendampingi suaminya Kim Jong-un yang sedang melakukan peninjauan  dan bercakap-cakap dengan beberapa karyawan pertokoan baru yang terletak di Pot’onggang, Pyongyang. Sejak itu Ri Sol-ju tidak pernah lagi muncul di depan umum hingga akhir Oktober.

Diberitakan bahwa pada 2012, Ri Sol-ju sering mendampingi Kim Jong-un untuk menghadiri berbagai kegiatan, jumlah penampilannya di depan umum tahun itu adalah 18 kali. Dan pada 2013, ia tampil sebanyak 22 kali. Tahun 2014 menjadi 15 kali dan pada 2015 menurun hingga 7 kali. Namun tahun ini hanya 3 kali.

Ri Sol-ju tahun ini juga tidak menghadiri event-event besar seperti peringatan meninggalnya Kim-Il-sung pada 15 April, Kongres Partai Buruh Korut yang diselenggarakan pada Mei dan Kongres ke9 Liga Pemuda Kim Il-sungisme-Kim Jong-ilisme yang diadakan pada Agustus.

Seorang pengamat Korut mengatakan, “Ri Sol-jul pada tahun lalu akan muncul di acara-acara publik paling tidak sekali dalam 2 bulan, tetapi tahun ini sudah 7 bulan berturut-turut beliau tidak muncul, ini tidak lazim”.

Ia kemudian menambahkan, sebagian orang berpikir bahwa alasan Ri tidak menampakkan diri di depan umum adalah karena, mungkin berkaitan dengan kegiatan inspeksi yang dilakukan oleh adik perempuan dari Kim Jong-un, Kim Yo-jong.

Pengamat lain berpikir bahwa Ri Sol-ju mungkin saja sedang hamil atau menghadapi keretakan perkawinannya. Ri Sol-ju bisa jadi menangguhkan kegiatan publiknya karena diduga memiliki kaitan dengan gambar mesum dengan anggota dari band wanita Korut.  (sinatra/rmat)

Share

Video Popular