Sepekan Penuh Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 di Bali

466
Kemenpar saat bersama Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer dan Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin 31 Oktober 2016 (Dokumentasi Kemenpar)

JAKARTA —Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 sebagai pesta besar menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan selama sepekan penuh ini kembali akan digelar  di kawasan wisata Nusa Dua, Bali pada 12-20 November 2016.

Penyelenggaraan ivent tahunan NDF yang ke-20 dengan tema “Bring The World To Bali” kali ini  dimaksudkan untuk mengangkat nilai kawasan secara keseluruhan sebagai salah satu destinasi terbaik di Bali bahkan di Indonesia dan dunia.

Acara ini juga sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk utama (great) Bali yang memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman ke Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta 2016 dalam upaya  mempromosikan kawasan wisata Nusa Dua sekaligus meningkatkan kunjungan wisman ke Bali, khususnya menjelang liburan akhir tahun year and dengan menggelar iven-iven menarik.

“Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman,” kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers NDF 2016 bersama Presiden Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer dan Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (31/10/2016).

Menteri Arief menuturkan pada tahun lalu dari 10,4 juta wisman ke Indonesia yang masuk melalui Bali sebanyak 4 juta wisman, sedangkan target tahun ini dari 12 juta wisman sebanyak 4,4 juta hingga 4,8 juta di antaranya melalui Bali. Oleh karena itu,  kunjungan wisman melalui great Bali harus, terutama menjelang year and  ditingkatkan antara lain dengan menggelar even-even  menarik.

Menpar Arief Yahya mengatakan, pada Januari hingga Agustus 2016 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia secara kumulaltif sebanyak 7.356.310 wisman atau tumbuh 8,39%. Dari total kunjungan wisman tersebut  yang masuk melalui great Bali sebanyak 3.176.309 wisman atau tumbuh 23,61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada acara pembukaan NDF 2016,  sebagai satu acara pokok (main event),  akan dimulai dengan parade budaya, tari sekar jepun, keboIwa colosal dance dan cak Bali Mandara,  kemudian setiap pagi sampai siang hari acara akan diisi dengan pameran berbagai produk, permainan euro bungy, parade food truck dan demo/lomba kuliner serta body painting dan cosplay.

Mulai sore sampai malam hari, para pengunjung akan dihibur dengan pentas tari dari Bali dan India serta berbagai musisi lokal seperti; Balawan, Emonidan Gus Teja, sampai kenasional seperti: Isyana Sarasvati, Yovie&Nuno, GAC, Maliq & D’essentials, The Groove, Teza Sumendra.

Penyanyi internasional seperti; Imela Kei, Sam Willow dan Sezairi (Singapura). Khusus untuk pengembangan potensi lokal, selama acara NDF 2016 juga akan disisipkan kompetisi sun down blues on stage battle, yang finalis terbaiknya akan ditampilkan bersama musisi blues nasional dan internasional pada Bali Blues Festival di bulan Mei 2017 di tempat yang sama. (asr)