Oleh: Ye Yu Huan

Yunani adalah tempat kelahiran demokrasi, namun, pengembangan peradaban Minoan di pulau Kreta setempat lebih membuat kita penasaran.

Selain dinobatkan sebagai salah satu dari 10 kode sandi dunia, “Linear A” atau disebut juga Minoan dan 45 jenis simbol yang berbeda adalah bentuk tulisan atau symbol yang tak bisa ditafsirkan artinya hingga saat ini.

Selain riwayat penggunaan The Phaistos Disc (Piringan Phaistos) yang menjadi misteri ini, yang paling menakjubkan adalah ada sebuah superkomputer astronomi yang disebut-sebut sebagai “Antikythera mechanism atau perangkat Antikythera”, sehingga menjadikan peradaban Minoan diselimuti selapisan cadar misterius.

Langit biru, laut biru di Yunani yang indahnya bak panorama dalam impian selama ini merupakan objek paling populer yang dikunjungi para wisatawan dunia, keindahan alam disini memang sangat menarik, apalagi dunia bawah lautnya lebih memesona.

Instrumen yang tampak seperti jam mekanik tua ini, sekilas terlihat seperti sudah sangat usang, dan bila dijual sebagai besi tua juga dipastikan tidak ada harganya, tapi anda salah besar jika benda yang tampak usang itu dianggap seperti itu.

Antikythera Mechanism atau perangkat Antikythera adalah superkomputer astronomi

Perangkat Antikythera (Internet)
Perangkat Antikythera (Internet)

Barang antic yang disebut Perangkat  Antikythera ini, merupakan bagian sangat penting dari misteri peradaban Minoan. Setelah ditemukan pada 1901 silam, para ilmuwan sempat bingung dengan fungsi dari benda kuno ini. Belakangan mereka menelitinya lebih lanjut menggunakan sinar X dan pemindaian dengan tomografi computer. Mereka merakit kembali setiap 30 roda gigi, dan secara mengejutkan mereka menemukan ternyata mesin jam presisi ini dapat menunjukkan posisi matahari, bulan dan bintang-bintang, bahkan dapat mendeteksi gerhana secara tepat, pergerakan orbit bulan yang tidak umum serta posisi planet.

Hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi Yunani kuno telah maju jauh melampaui perkiraan. Tidak ada peradaban yang mampu menciptakan suatu benda yang begitu rumit semacam ini pada ribuan tahun yang lalu. Selain itu, benda lain yang juga membingungkan para ilmuwan adalah “Piringan Phaistos” yang misterius.

Asal usul dan fungsi dari Piringan Phaistos masih menjadi tanda tanya.

The Phaistos Disc atau Piringan Phaistos ditemukan pada 1908 oleh arkeolog Italia Luigi Minoan Pernier di istana-situs Phaistos, memiliki 241 tanda, yang terdiri dari 45 simbol yang unik, yang tampaknya dibuat dengan menekan pra-terbentuk hiroglif “stempel “menjadi cakram tanah liat lunak. Namumn asal usul dan fungsinya masih menjadi misteri hingga detik ini.

Linear A Minoan digolongkan sebagai salah satu dari 10 kode sandi yang misterius

Sementara itu, Linear A Minoan juga diselimuti dengan warna misterius, yang terdiri dari dua linear yang berbeda, meskipun Linear A dan Linear B diuraikan pada 1952 oleh Michael Ventris.

Namun, kedua script berbagi banyak simbol-simbol yang sama, menggunakan suku kata yang berhubungan dengan linear b dalam menghasilkan tulisan-tulisan linear A dengan kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan bahasa yang diketahui. Linear A digolongkan sebagai salah satu dari 10 kode sandi dunia yang menunggu untuk dipecahkan misterinya. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular