Jika Anda ingin lebih mengendalikan tujuan profesi Anda, maka penting untuk memusatkan perhatian pada berbagai elemen yang mempengaruhi jalur karier Anda. Salah satu elemen tersebut adalah kepribadian, yang cukup berpengaruh terhadap profesi Anda.

Sepanjang karier, Anda akan menemukan bahwa kepribadian membentuk jalur karier dan bahwa pekerjaan Anda juga membentuk kepribadian Anda. Hubungan yang dinamis ini dapat Anda seimbangkan. Ada baiknya untuk mengetahui sifat pribadi Anda, karena reaksi dan kecenderungan yang Anda lakukan akan memengaruhi orang-orang di sekitar Anda dan kesempatan Anda dalam meraih masa depan.

Bagaimana kepribadian membentuk jalur karier?

Kepribadian menentukan bagaimana Anda merespons situasi yang menekan, jenis hubungan dengan rekan kerja dan manajer, etos kerja dan atribut lain yang sangat penting dari karier Anda. Jika Anda adalah seorang introvert yang membatasi kontak dengan rekan kerja, maka secara bermakna mengurangi paparan Anda terhadap orang-orang yang dapat membantu mengembangkan karier Anda. Rekan kerja merupakan kesempatan besar untuk membangun jaringan profesional yang kuat dalam industri Anda dan dengan mengabaikan rekan kerja, berarti Anda membatasi perkembangan karier Anda sendiri.

Jika Anda cenderung terburu-buru mencari pegangan setiap kali situasi tekanan terjadi, maka Anda jangan berkarier dalam bidan manajemen. Dalam hal ini, kepribadian Anda dapat melumpuhkan kemampuan Anda untuk memajukan karier dan mencegah Anda untuk mencapai banyak keberhasilan dalam karier.

Bagaimana karier membentuk kepribadian Anda?

Selama bertahun-tahun Anda berhubungan dengan karyawan tingkat manajemen maka dapat memengaruhi reaksi Anda terhadap situasi yang berbeda.

Misalnya, jika Anda diberhentikan dari pekerjaan meskipun Anda lebih senior dibandingkan dengan karyawan lain yang masih tetap dipertahankan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, maka Anda akan menjadi tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri dapat memengaruhi aspek lain dari karier Anda dan menjadi masalah, atau dapat menyebabkan Anda membuat keputusan yang buruk.

Apakah kepribadian mempengaruhi jalur karier?

Ketika Anda membicarakan ambisi karier Anda dengan rekan kerja, teman dan anggota keluarga, Anda mungkin berbicara mengenai uang dan prestise. Tujuan Anda mendiskusikan ambisi karier berkisar dari meraih posisi atas di dalam perusahaan, sampai mendapat kenaikan gaji dan mengambil tanggungjawab lebih. Namun jika Anda tidak mengikutsertakan kepribadian Anda dalam hal ini, maka Anda merencanakan jalur karier yang tidak akan benar-benar memuaskan Anda.

Menciptakan jalur karier memerlukan pertimbangan faktor-faktor seperti prospek pekerjaan dan uang, namun, faktor internal seperti kepribadian tidak boleh diabaikan. Jika, pada kenyataannya, bertanggungjawab terhadap banyak orang membuat Anda tidak nyaman, maka adalah buruk jika Anda mengejar karier dalam bidang manajemen. Bagaimana jika Anda keluar dari bidang karier manajemen? Dengan mengikuti kepribadian Anda, Anda dapat meraih kesuksesan dalam karier dan Anda akan merasa puas dengan prestasi Anda.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular