Oleh Liu Lirong

Ketua Partai Kuomintang Taiwan Hung Hsiu-chu Kamis (3/11/2016) hari ini mengatakan bahwa dengan melihat perkembangan situasi lintas selat akhir-akhir ini, Partai Kuomintang Taiwan merasa perlu untuk membuat suatu terobosan baru guna perbaikannya.

Ini juga merupakan beban tugas dirinya sebagai ketua yang karena itu melakukan kunjungan ke Beijing pada pekan lalu dan mengadakan dialog langsung dengan pemimpin Tiongkok.

Ia yakin bahwa dialog yang berlangsung lancar dan positif itu akan mampu memberikan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas politik bagi kedua belah pihak.

Ketua Hung Hsiu-chu saat berkunjung ke Balai Pertemuan Beijing – Taiwan mengatakan, pertemuan kali ini oleh pihak Tiongkok diposisikan sebagai perjalanan perdamaian. Dengan melihat situasi hubungan yang terjadi belakangan ini, Partai Kuomintang merasa perlu untuk membuat suatu terobosan baru guna perbaikannya.

Hung juga mengakui bahwa banyak keuntungan bisa diambil dari dialog di Beijing itu, ia percaya bahwa dialog yang berlangsung lancar dan positif itu akan mampu memberikan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas politik bagi kedua belah pihak.

Hung juga menambahkan, masih banyak hal yang harus dikerjakan menyusul pertemuan kali ini. Banyak hal yang tidak bisa selesai dikerjakan dalam semalam, tetapi membutuhkan upaya yang terus menerus dan keras. Namun maju tidaknya hubungan lintas selat tergantung daripada sebanyak apa frekuensi dialog yang positif, yang menegakkan empati, menghormati satu sama lain. (Central News Agency/sinatra/rmat)

Share

Video Popular