Menurut ahli kulit dari American Academy of Dermatology, bagi banyak keluarga, waktu mandi memerlukan perjuangan. Untuk alasan ini, banyak orang tua akan senang mengetahui bahwa mandi setiap hari mungkin tidak diperlukan untuk anaknya.

“Tergantung pada usia dan tingkat aktivitas anak, sebagian besar anak hanya perlu mandi beberapa kali seminggu. Ada anak yang mempunyai beberapa kuman dan sehat, karena tubuhnya belajar untuk melawan bakteri dan membangun sistem kekebalan yang lebih kuat,” kata Robert Sidbury, MD, MPH, FAAD, seorang dokter ahli ilmu penyakit kulit dan kelamin, profesor departemen ilmu kesehatan anak dan kepala divisi ilmu penyakit kulit dan kelamin di University of Washington School of Medicine. AS.

Untuk membantu orang tua yang mencari tahu seberapa sering anaknya perlu mandi dan mencuci rambut, Dr. Robert Sidbury menganjurkan orang tua untuk mempertimbangkan hal berikut:

1. Usia: Umumnya anak berusia 6 tahun sampai 11 tahun hanya perlu mandi dua sampai tiga kali seminggu.

2. Jenis Rambut: Umumnya anak berusia 6 tahun sampai 11 tahun hanya perlu keramas rambut sekali atau dua kali seminggu sampai pubertas dimulai. Namun, anak keturunan Afrika atau anak segala usia dengan rambut kering atau keriting hanya perlu keramas rambut sekali setiap tujuh hari sampai 10 hari. Setelah berkeringat bercucuran atau berenang, rambut anak dibilas dan diberi conditioner, lalu dicuci dengan shampoo secara teratur sekali setiap tujuh hari sampai 10 hari.

3. Tingkat aktivitas: Di luar jadwal rutin, anak juga harus mandi dan mencuci rambut setiap kali ia kotor, seperti bermain di lumpur; setelah berada di kolam, danau, laut atau badan air lainnya; dan setiap kali ia berkeringat atau bau badan.

4. Pubertas: Ketika pubertas terjadi sekitar usia 12 tahun, anak harus mulai mandi setiap hari dan keramas rambut setiap dua hari atau setiap hari, dengan pengecualian untuk anak keturunan Afrika dan anak yang berambut kering atau keriting. Pada usia 12 tahun, anak mandi setiap hari dan keramas rambut sekali setiap tujuh hari sampai 10 hari. Anak juga harus mulai mencuci wajah setiap pagi dan sore untuk menghilangkan kotoran dan minyak.

Dr. Robert Sidbury mengatakan conditioner dirancang untuk melembabkan rambut kering dan rusak, namun sebagian besar anak tidak memerlukan conditioner. Namun, anak yang berambut panjang, bergelombang atau keriting terbantu dengan manfaat sedikit conditioner untuk mencegah rambut kusut. Conditioner harus dioleskan pada sebagian besar batang rambut dan ujung rambut, bukannya dioleskan pada kulit kepala.

“Setiap anak berbeda, namun panduan ini bekerja dengan baik untuk sebagian besar anak. Jika anak Anda terus mengalami bau badan, atau jika rambut atau kulit kepala anak Anda tampak terlalu berminyak atau kering setelah mengikuti panduan ini, maka kunjungi dokter ahli ilmu penyakit kulit dan kelamin yang bersertifikat,” katanya

Ia menegaskan bahwa pedoman ini tidak dianjurkan untuk anak yang menderita eksim atau penyakit kulit lainnya, karena anak seperti ini harus mandi sesering yang dianjurkan oleh dokter ahli ilmu penyakit kulit dan kelamin yang dikunjunginya.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular