Bagaimana cara membuat nasi goreng yang enak ? Goreng telur dulu atau nasi ? Pasti kita tidak asing lagi dengan yang namanya nasi goreng telur, ini adalah salah satu makanan yang umum. Sebenarnya, membuat nasi goreng telur tidak sesederhana hanya sekadar menggoreng, tetapi juga memiliki banyak nilai gizi.

Bahan :

  • 1 mangkuk nasi
  • 1/3 siung bawang Bombay ( cincang)
  • Wortel (secukupnya, iris tipis memanjang)
  • 2 butir telur

Bumbu :

  • Garam, gula, lada (masing-masing secukupnya)

Cara membuat :

  1. Masukkan telur ke dalam mangkuk dan aduk, kemudian goreng sebantar, tapi jangan terlalu kering, angkat.
  2. Tuang minyak ke dalam wajan, tumis irisan bawang Bombay sampai tercium bau harum, setelah itu masukkan irisan wortel, tumis sejenak sambil diaduk bolak balik.
  3. Masukan nasi, goreng secara merata sampai nasinya kering.
  4. Lalu masukkan telur, goreng sambil diaduk merata, kemudian tambahkan garam, gula dan lada, goreng sebentar secara merata, angkat dan sajikan.

Catatan

Sebaiknya gunakan nasi semalam, karena kandungan airnya sedikit, kalau membuat nasi goreng dengan nasi hangat akan menggumpal dan menempel di penggorengan. Apabila tidak ada nasi semalam, Anda bisa dinginkan dulu nasinya di lemari es.

Telur jangan terlalu banyak, karena tidak akan enak jika telurnya lebih banyak daripada nasi, tambahkan sedikit garam dalam telur akan membuat rasa asinnya merata.

Menggoreng nasi dengan minyak hewani dipastikan jauh lebih enak daripada minyak nabati.

Bawang itu juga mutlak diperlukan.

Jangan tambahkan MSG atau micin saat membuat nasi goreng, cukup telur dan nasinya saja aromanya sudah harum menggoda, kecuali bagi mereka yang suka dengan aroma rasa yang kuat. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA KULINER

Video Popular