Dong quai yang kadang disebut “ginseng wanita” adalah salah satu herbal yang paling terkenal dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Akarnya yang tebal dan berwarna cokelat terkenal sebagai obat untuk mengobati sindrom pramenstruasi, di mana terjadi nyeri, wajah yang memerah, dan masalah kewanitaan lainnya. Namun pria dapat menggunakannya untuk mengobati keluhan kesehatan lainnya.

Tanaman ini ditemukan pada dataran dengan ketinggian yang sangat tinggi di seluruh Timur Jauh. Dilihat sekilas bunganya berbentuk payung berwarna putih ini tampak seperti renda Ratu Anne. Tanaman ini masih tergolong satu famili dengan adas, wortel, dan seledri.

Dong quai telah digunakan sebagai obat dan makanan paling sedikit selama 2.000 tahun. Cara Anda mengejanya (dong quai, tang-kuei, atau danggui) berarti “pulih kembali,” atau “sehat kembali” dalam bahasa Tiongkok, yang menunjukkan kemampuannya meremajakan tubuh.

Nama dong quai berasal dari cerita rakyat Tiongkok. Menurut legenda, seorang pemuda pernah bersumpah untuk meninggalkan rumahnya segera setelah ia menikah. Tentu saja ini bukanlah ide sang istri. Pria lain di desa itu meragukan kejantanan pemuda tersebut. Untuk menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang ulet dan patut dihormati, ia memutuskan untuk pergi tinggal di hutan belantara untuk sementara waktu. Saat ia memutuskan untuk mengasingkan diri sementara waktu, ia menyuruh sang istri untuk menikah lagi jika ia tidak kembali setelah pergi selama lebih dari tiga tahun, karena ia anggap saat itu mungkin ia sudak meninggal.

Tiga tahun pun berlalu. Istri yang kesepian dan berduka mengikuti saran suaminya untuk menikah lagi. Segera setelah menikah untuk kedua kalinya, suami pertama kembali dari hutan belantara. Istri merasa sangat bersalah dan menyesal hingga jatuh sakit. Keberuntungan berpihak pada sang istri, suami pertamanya membawa pulang tanaman yang tidak diketahui sebelumnya dalam perjalanan pulang. Sang istri membuat obat dari akar tanaman tersebut dan kesehatannya pun pulih kembali.

Khasiat akarnya

Dalam pengobatan Tiongkok, fungsi utama dong quai adalah untuk menyehatkan darah dan qi, memperkuat meridian jantung, paru-paru, dan hati, dan meningkatkan peredaran darah. Hal ini membuat dong quai sebagai obat yang baik untuk siapa saja yang lemah.

Adalah akar yang sangat berkhasiat karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Kadar zat besi yang tinggi sehingga dong quai adalah obat yang baik untuk mengobati anemia.

Dong quai sebenarnya memiliki citarasa yang baik. Dong quai adalah salah satu herbal terpopuler yang digunakan untuk memasak di Tiongkok. Karakternya yang manis dan pedas dapat ditemukan dalam sup ayam, dan pada hidangan bebek Kanton: resep yang menggabungkan cincangan daging unggas dengan jahe, kayu manis, dong quai, dan anggur kaldu beras. Rebus selama satu jam dan dihidangkan untuk seseorang yang tampak pucat, dingin, dan lemah.

Herbal untuk wanita

Telah digunakan di Tiongkok selama ribuan tahun untuk mengobati nyeri haid dan haid yang tidak teratur, meningkatkan kesuburan, dan meringankan gejala menopause. Raksasa obat Merck adalah yang pertama kali memasarkan ekstrak dong quai (dan kemudian pil) untuk wanita Barat pada tahun 1899 dengan produk yang disebut Eumenol. Sekarang ini, dong quai adalah ramuan favorit bagi jutaan wanita di seluruh dunia.

Kerja dong quai membingungkan peneliti. Efeknya menunjukkan bahwa dong quai memengaruhi estrogen, tetapi para ilmuwan tidak mampu membuktikan efek estrogenik secara bermakna. Terbukti untuk merangsang rahim, namun juga terbukti merelaksasi rahim, tergantung bagaimana dong quai dipersiapkan.

Dalam penelitian terhadap hewan, keberhasilan dong quai ini di memperbaiki masalah haid adalah sangat beragam: beberapa percobaan menunjukkan khasiat dong quai, sementara pada percobaan yang lain dong quai tidak memberi manfaat, mirip seperti plasebo.

Bagaimana mungkin ramuan yang dihormati begitu lama hanya memberi efek menghangatkan tubuh di dalam penelitian modern? Hal ini mungkin disebabkan dong quai jarang digunakan sendiri dalam pengobatan Tiongkok. Dong quai adalah pemain tim, dan rempah muncul dalam banyak formula klasik yang digunakan untuk mengobati segala sesuatu, mulai dari psikosis hingga psoriasis. Kenyataannya, dong quai ditemukan dalam banyak resep obat Tiongkok dibandingkan dengan semua rempah lainnya, kecuali licorice.

Dalam pengobatan Tiongkok, dokter tidak hanya mengobati gejala, dokter bertujuan mencari ketidakseimbangan yang mendasari penyakit tersebut. Menurut pandangan ini, nyeri haid terutama akibat qi di dalam hati yang tidak mengalir. Dong quai paling sering digunakan untuk mengobati nyeri haid, serta gejala hati yang keras: sembelit, sering marah-marah, dan pencernaan yang buruk.

Penggunaan lainnya

Dong quai ditemukan dalam ramuan untuk mengobati kelemahan, infeksi, dan masalah metabolisme. Dong quai yang digabungkan dengan akar astragalus bermanfaat untuk memperkuat fungsi ginjal. Krim yang dioleskan bermanfaat untuk mengobati ejakulasi dini.

Di Tiongkok, dong quai disuntikkan ke titik-titik akupunktur untuk meringankan nyeri. Toniknya sangat baik untuk sistem peredaran darah,dan telah terbukti meningkatkan volume darah, hemoglobin di dalam sel merah merah dan hitung sel darah, dan menghambat pembentukan plak.

Nama botani untuk dong quai adalah Angelica sinensis. Angelica archangelica di Eropa adalah kerabat dekat dong quai. Nama Angelica archangelica berasal dari biarawan yang menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit pes, dan penduduk asli Amerika menemukan Angelica atropurpurea. Semua tanaman ini memiliki sifat yang mirip, namun dong quai dianggap paling cocok untuk mengobati masalah hormonal.

Meskipun umumnya dianggap sebagai ramuan tidak beracun yang aman, ada kalanya dihindari. Wanita yang mengalami mestruasi yang parah diperingatkan untuk tidak mengonsumsinya karena akan memperparah perdarahan. Orang yang minum obat pengencer darah akan mengalami masalah setelah mengonsumsi dong quai. Kehamilan adalah kontraindikasi yang utama, namun ahli herbal profesional memberi beberapa formula yang mengandung dong quai untuk wanita hamil.

Herbal ini  sangat mudah ditemukan, tersedia dalam bentuk pil, tinctur, dan teh. Anda bahkan dapat menemukan irisan akar keringnya  di toko kelontong Asia. Namun, untuk mendapatkan hasil dong quai yang maksimal, konsultasi dengan ahli tanaman obat Tiongkok yang dapat meresepkan formula paling cocok untuk ketidakseimbangan tertentu.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular