Baru-baru ini, terdengar suara misterius yang berdengung dari dasar laut Arktik yang merupakan bagian dari wilayah Kanada utara. Hal itu membingungkan penduduk dan pejabat setempat. Namun, hingga saat ini belum bisa dipastikan sumbernya. Sementara itu, militer Kanada dilibatkan untuk menyelidikinya.

Suara misterius itu berasal dari Fury dan Hecla Strait, selat yang terletak di Nunavut, provinsi paling utara Kanada. Adalah salah satu daerah yang paling terpencil di utara Kanada, warga setempat berburu sebagai mata pencaharian, demikian dilansir dari timemagazine.com.

Selama musim panas ini, pemburu dan pelaut telah mendengar suara berdengung misterius yang berasal dari dasar laut di perairan Arktik di selat Fury dan Hecla.

“Bagian (wilayah) itu ada rute migrasi untuk paus kepala busur. Namun entah mengapa mereka kini tidak ada,” ujar politisi lokal George Qulaut, seperti dikutip dari CBC News.

Melansir laman CBC, ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan asal suara misterius itu. Rumor yang berkembang menyebutkan, organisasi lingkungan hidup Greenpeace yang telah menempatkan sonar untuk menakuti-nakuti kehidupan laut agar tak diburu. Namun, mereka membantahnya. Sementara itu, pihak militer juga mengatakan tidak ada aktivitas kapal selam baik dari Kanada maupun militer negara lainnya di sana.

Di daerah tersebut juga ada perusahaan pertambangan bernama Banffinland Iron Mines. Tapi mereka mengatakan tidak ada operasional apapun di wilayah itu, sementara organisasi lingkungan hidup Greenpeace juga membantah punya hubungan dengan suara misterius itu.

Departemen Pertahanan Nasional Kanada mengatakan dalam sebuah pernyataannya, sebuah pesawat aurora CP140 ditugaskan ke daerah itu untuk menyelidiki. Kementerian pertahanan mengatakan bahwa militer Kanada telah menerima laporan terkait “suara yang tidak biasa dari dasar laut.”

Jumat lalu, pihak militer mengatakan, pesawat militer telah melakukan penyelidikan. Namun, sejauh ini tidak dapat menjelaskan tentang suara yang ganjil itu. Sementara itu, awak pesawat juga tidak mendeteksi adanya sinyal mencurigakan dari bawah dan permukaan air.

“Sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” tandas juru bicara milter. (Secretchina/Huang Xiao Yu/joni/rmat)

Share

Video Popular