Stress selain berpengaruh psikologis juga akan mempengaruhi fisiologi dalam tubuh. Berikut ini adalah laporan dari situs Medical Daily beberapa fenomena aneh yang disebabkan oleh stress/tekanan, layak diperhatikan:

  1. Mimpi buruk

Tekanan akan membuat orang bermimpi buruk, atau akan terjadi halusinasi yang berhubungan dengan tidur, ilusi ini akan terjadi antara setengah terjaga. American Sleep Association menyatakan bahwa ketika ilusi ini terjadi, orang ini mungkin sadar, tapi seluruh tubuh tidak bisa bergerak, biasanya perasaan tersebut akan terjadi di kamar tidur.

  1. Diare

Orang yang kecemasan dapat menyebabkan diare atau gangguan bipolar usus (Irritable bowel syndrome). CNN melaporkan bahwa tingkat stres berhubungan dengan sistem pencernaan. Ketika orang berada di bawah tekanan, serotonin darah di otak menyebabkan efek yang berbeda dengan cara yang berbeda pada saat yang sama berinteraksi dengan perut.

  1. Rambut Rontok

US Mayo Clinic, mengatakan tekanan menyebabkan rambut rontok ada tiga cara yang berbeda, yang pertama dipaksa folikel rambut tidak aktif, menyebabkan rambut rontok ketika keramas atau menyisir, yang kedua disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, sehingga menyebabkan kebotakan, ketiga disebabkan oleh trikotilomania (trichotilomania), membuat orang memiliki keinginan yang kuat untuk mencabut rambutnya.

  1. Pengaruh pendengaran atau penglihatan

Tekanan dalam hal persepsi memiliki banyak efek samping, termasuk: tidak bisa mendengar, tidak jelas melihat, sensitif terhadap cahaya, disorientasi dan sebagainya.

  1. Suka berhumor yang seram (gallows humor)

Ketika orang berada di bawah tekanan, kadang-kadang akan menceritakan hal-hal perang yang mengerikan, penyakit, kematian sebagai lelucon, yang disebut gallows humor. Melakukan hal tersebut mungkin bukan hal yang buruk, karena “tertawa bisa menyembuhkan segala penyakit”.Artikel yang diterbitkan oleh ” American Society for Psychological Science (Asosiasi Psychological Science Amerika)” mengatakan bahwa orang tertawa ketika dihadapkan dengan kesulitan, dapat mengurangi stres yang terkait dengan emosi negatif.

  1. Ruam kulit

Stres dapat menyebabkan ruam kulit atau benjolan, kadang disertai rasa gatal atau menusuk perasaan.benjolan ini berbeda ukuran, dan ketika mereka muncul di lidah atau tenggorokan, yang dapat menghambat jalan napas, adalah situasi yang paling berbahaya.

 

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular