Attention-deficit disorder (ADD) dan attention-deficit hyperactivity disorder ( ADHD ) yang biasanya hanya dikaitkan dengan anak-anak ternyata secara mengejutkan juga terjadi pada orang dewasa.

Gaya hidup saat ini yang sarat dengan informasi yang serba cepat dan kelebihan beban sensorik membuat sebagian besar orang menjadi gelisah, insomnia dan sulit untuk fokus dan konsentrasi, dibarengi dengan semburan energi yang diikuti oleh periode kelelahan. Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat memanfaatkan kearifan Ayurveda, yaitu yoga dan pengobatan alami untuk membantu menenangkan kondisi yang mengganggu kehidupan ini.

Sebagaimana ditentukan oleh cara India kuno Ayurveda, ADD dan ADHD adalah gangguan saraf berdasarkan ketidakseimbangan dosha (aspek konstitusi seseorang) dengan vata.

“[Vata adalah] kering, cahaya, dingin, kasar, bergerak dan jernih. Ketika kualitas ini dalam keadaan seimbang, vata seseorang mempunyai kesehatan, stabilitas, kreativitas dan kebebasan yang baik”, demikian pernyataan dari Life in Balance, pusat Ayurveda di Seattle.

Vata juga mengatur fungsi kardiovaskular, sistem saraf, komunikasi dan gerakan fisik. Dosha dapat menjadi tidak seimbang akibat perangsangan sensorik secara berlebihan, perjalanan, cuaca dingin dan cuaca kering dan terlalu lama menghabiskan waktu bekerja di depan perangkat elektronik, termasuk ponsel, komputer dan tablet, atau menonton sejumlah besar acara televisi, serta bermain video game.

Meskipun hampir tidak mungkin untuk sepenuhnya lepas dari gaya hidup modern kita untuk waktu yang lama, setiap hari kita dapat mengurangi paparan terhadap kegiatan yang memperburuk vata dan membosankan, yang akhirnya meringankan gejala ADD / ADHD.

Menghabiskan waktu di alam. Menikmati alam yang indah adalah salah satu cara terbaik untuk membawa elemen vata ke dalam harmoni. Pembumian lebih baik.

Yoga. Berlatih asana yang akan melahirkan simetri, keseimbangan dan kesadaran diri adalah metode lain yang sangat baik untuk mendukung sistem saraf yang sehat.

Meditasi. Serupa dengan berlatih yoga, meditasi yang rutin dilakukan setiap hari akan menenangkan pikiran yang kacau dan tubuh yang terlalu aktif. Duduk diam selama 5-10 menit sambil mengarur nafas dapat memberi keajaiban bagi orang yang berjuang menghadapi ADD / ADHD yang dideritanya.

Diet. Penting untuk menghindari pewarna buatan, pengawet, MSG, gula halus dan karbohidrat. Sebaiknya, makan makanan organik yang kaya akan lemak sehat bukan hasil olahan pabrik (seperti mentega yang berasal dari sapi yan diberi makan rumput, minyak zaitun extra-virgin dan minyak kelapa), buah, sayuran dan kacang-kacangan, serta protein hewani dan susu hewani yang berasal dari hewan yang diberi makan rumput.

Pijat. Pijat setiap hari dengan menggunakan minyak yang menghangatkan seperti minyak almond atau wijen akan menenangkan tubuh yang telah menjalani kelebihan aktivitas. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, pijat kaki secara cepat. Yang paling menguntungkan adalah pijat “self-abhy” Ayurveda di mana kita mengolesi seluruh tubuh kita dengan minyak yang menghangatkan tubuh.

Selain itu, memilah-milah rutinitas sehari-hari yang konsisten, merapikan barang-barang yang berantakan di rumah dan mandi dengan menggunakan tempayan tanah liat juga akan mendukung keharmonisan.

Terakhir, obat herbal dapat menyembuhkan ketidakseimbangan vata secara nyata. Krim lemon, valerian, chamomile dan passionflower sangat baik untuk menenangkan pikiran yang kacau dan tubuh yang lelah. Demikian juga, pycnogenol (produk yang terbuat dari pohon pinus maritim Perancis) menyeimbangkan hormon penyebab stres yang terkait dengan ADD / ADHD menyebabkan meningkatnya perhatian, konsentrasi, pengolahan sensorik dan koordinasi motorik visual.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular