Untuk memiliki rambut yang bersih dan sehat, keramas adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Namun beberapa ahli mengatakan jika Anda menggunakan satu merek shampo terus menerus, rambut Anda kehilangan kemampuan untuk merespon merek tertentu. Tidak hanya itu, rambut Anda juga terkena unsur-unsur lingkungan seperti iklim, cuaca dan polusi. Shampo yang Anda gunakan di musim panas tidak akan sesuai untuk musim dingin, karena rambut Anda membutuhkan lebih banyak uap air dalam cuaca kering.

Berikut beberapa resep untuk membuat shampo alami yang tepat untuk kenyamanan Anda. Shampoo ini bebas bahan kimia dan efektif untuk membersihkan rambut Anda ketika digunakan.

1.Telur dan vodka

Shampo ini merupakan solusi yang mengagumkan untuk rambut yang berminyak. Campur 2 sendok teh v odka dengan 2 butir telur dan terapkan pada rambut dan kulit kepala. Pijat selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

2. Baking soda dan Air

Jika rambut Anda terlalu kotor, shampoo pasta baking soda ini dapat efektif membantu membersihkan rambut Anda. Larutkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, terapkan pada kulit kepala dan beri pijatan lembut beberapa saat dan bilas sampai bersih.

3. Alpukat dan baking soda

Buah apulkat sangat bermanfaat untuk merawat rambut rusak. Buatlah pasta dari campuran alpukat, baking soda dan air. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan rambut, biarkan beberapa saat, lalu cuci sampai bersih. Anda akan mendapatkan rambut yang sehat dan bersih, jika rutin berkeramas dengan pasta ini.

4. Sabun castile dan minyak atsiri

Bila rambut Anda mengalami kerusakan, cobalah keramas dengan sabun castile dan minyak Atsiri. Buatlah campuran dari sabun castile, air dan minyak atsiri, seperti jojoba atau minyak biji anggur dalam jumlah yang sama, aduk rata. Kemudian, gunakan untuk mencuci rambut.

5. Santan kelapa dan sabun castile

Ini adalah shampo alami buatan sendiri, yang dapat Anda gunakan bahkan untuk rambut anak-anak Anda. Campur jumlah yang sama dari santan dan sabun castile dan menambahkan minyak esensial seperti peppermint, jeruk, rosemary atau lavender di dalamnya. Aduk rata dan gunakan secara menyeluruh pada rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut kering dan kusam, Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun atau minyak almond dalam ramuan ini.

6. Teh hijau

Anda tahu bahwa teh hijau baik untuk kesehatan Anda. Tapi, itu baik untuk rambut Anda juga. Buatlah campuran dari teh hijau, minyak lavender dan sabun castile dengan bagian yang sama. Aduk rata. Kemudian, menyimpannya dalam botol dan gunakan secara rutin saat Anda keramas dan raih rambut yang sehat darinya.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular