Oleh Zhang Dun

Ledakan cukup hebat terjadi di sebuah pabrik senjata yang berlokasi di kota Lu’an, provinsi Anhui  Tiongkok, pada Selasa (8/11/2016) senja. Media resmi Tiongkok telah mengkonfirmasi adanya kejadian tersebut, tetapi belum ada laporan tentang jumlah korban.

Menurut ungkapan microblogger bahwa pada saat kejadian, jumlah orang yang berada dalam pabrik itu berjumlah lebih dari 50 orang, tetapi yang berhasil lari keluar untuk menyelamatkan diri hanya 5 orang.

Media Xinhua edisi luar negeri memberitakan, suara ledakan terdengar sampai jarak 2 km dari pabrik, memecahkan kaca rumah penduduk dan polisi segera datang untuk memblokir pabrik. Namun laporan tidak menyinggung soal situasi korban.

Media ‘Sohu’ melaporkan bahwa puluhan orang masih berada dalam lokasi pabrik tersebut. Tetapi berita tersebut tak lama kemudian dihapus.

Netizen Tiongkok mengungkapkan, saat kejadian, ada lebih dari 50 orang yang berada dalam lokasi pabrik senjata itu, tetapi hanya 5 orang yang terlihat berhasil lari keluar dan ada sekitar 30 lebih orang lainnya belum diketahui nasib mereka. Netizen lain menyebutkan bahwa jumlah korban tewas dan luka mencapai lebih dari 40 orang, dan masih ada 50 orang lainnya belum ditemukan.

Dari foto yang diambil netizen setelah ledakkan sudah terjadi dapat terlihat asap hitam masih mengepul tinggi. Netizen lain melukiskan bahwa suara ledakan terdengar sangat keras hingga menggetar dan memecahkan kaca-kaca rumah penduduk yang berdekatan. Dari video yang beredar di internet diketahui satu kilatan cahaya terlihat menyusul suara ledakan hebat, diperkirakan bahwa video itu direkam pada saat kejadian. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular