Kemarahan adalah emosi yang kuat. Hal ini dapat menyebabkan adu mulut , adu fisik, kekerasan fisik, dan menyakiti diri sendiri. Luapan yang konstan kimia stres dan perubahan metabolik yang berhubungan dengan amarah yang tak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada banyak sistem tubuh yang berbeda.

Berikut ini adalah tujuh masalah kesehatan yang telah dikaitkan dengan rasa amarah yang tak tekendali

Jantung

Mereka yang mudah marah berpeluang sebanyak empat kali mengembangkan infark miokard dan penyakit kardiovaskularyang paling fatal.

Hati

Menurut pengobatan Tiongkok, hati tetap sehat jika energi dalam tubuh bergerak bebas tanpa halangan. Rasa amarah  dapat menghambat gerakan energi tubuh, sehingga menyebabkan kerusakan pada hati serta mengakibatkan memburuk penyakit Hepatitis C.

Paru paru

Akibat dari kemarahan ini dapat menyebabkan jalur pernapasan menjadi pendek. Hal ini karena sel-sel paru-paru terus berkembang dan hanya beristirahat singkat, sehingga dapat menyebabkan kerusakan sel paru –paru Anda.

Sel-sel otak

Ketika Anda marah, darah akan mengalir menuju otak dan meningkatkan tekanan darah. Dan rendahnya tingkat oksigen dalam darah , sehingga menghasilkan racun yang dapat merusak sel-sel otak Anda.

Memperlambat proses penyembuhan dari luka ( cedera)

Akibat sifat yang mudah marah ini , menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan dari luka (cedera) .

Perut dan usus

Kemarahan menyebabkan meningkatnya cara kerja dari sistem saraf simpatik, sehingga menyebabkan penurunan sirkulasi darah di perut dan usus serta mengurangi nafsu makan seseorang. Dan dalam kondisi yang serius menyebabkan berkembangnya penyakit maag dalam waktu singkat .

Kematian mendadak

Penelitian mengungkapkan bahwa , ketika seseorang marah, aliran darah menuju jantung dapat berkurang , yang mengakibatkan gejala iskemia miokard, detak jantung tidak teratur, iskemia serebral, dan bahkan kematian secara mendadak juga.

Namun, ada beberapa cara untuk menghindari rasa marah Anda:

• Mengubah suasana hati Anda.

• Duduklah atau berbaring dan bersantai.

• Tutup mata Anda, ambil napas dalam-dalam, dan melepaskan pikiran yang negative.

• Minum secangkir air untuk mencairkan asam lemak bebas.

• Bayangkan pemandangan alam yang menenangkan.

• Berjalan-jalan atau melakukan beberapa olahraga yang menyenangkan.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular