Laptop vs Tablet

1073
tablet
iPad Pro. (Internet)

Perubahan pada Macbook adalah salah satu hal terpenting pertama yang dilakukan Apple sepanjang tahun ini. Penjualan Mac memang telah mengalami kemerosotan tahun ini, setelah pertumbuhan beruntun pada 2014 dan 2015 yang tampaknya menentang tren global. Ko nsumen pada umumnya kini lebih jarang membeli PC dan lebih banyak menggunakan smartphone atau tablet sebagai gantinya.

Apple sendiri telah mempromosikan tablet terbarunya, iPad Pro, sebagai perangkat yang mampu menggantikan laptop bagi banyak pengguna. Dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika Apple memasarkan komputer Mac untuk golongan profesional kreatif atau pemikir independen, kini Apple juga telah mulai mempromosikan Mac sebagai komputer bagi pengguna bisnis.

Microsoft, yang sudah sejak lama memosisikan diri sebagai sebuah perusahaan perangkat lunak, telah mulai menjual laptop buatan mereka sendiri untuk kelas highend dan beberapa waktu lalu mereka memperkenalkan PC desktop pertama mereka. Seperti iMac di tahun-tahun terakhir , para analis mengatakan bahwa perangkat baru itu akan memiliki harga premium dan fitur yang kemungkinan besar akan diperuntukkan bagi para desainer grafis dan profesional kreatif lainnya.

Bagi Apple sendiri, penjualan Mac telah dikalahkan secara finansial oleh produk lainnya seperti iPod dan sekarang iPhone, yang telah menghasilkan jauh lebih banyak uang dalam beberapa tahun terakhir.

Apple memperoleh 22,8 miliar dollar AS dari penjualan Mac tahun lalu, dimana itu hanya 11 persen dari total pendapatan perusahaan. Sedangkan iPhone menghasilkan 136 miliar dollar AS. Pada kuartal terbaru, Apple menjual 9,3 juta iPad dan 4,9 juta Mac, meskipun iPad menyumbang hanya 4,3 miliar dollar AS, penjualan sementara Mac menyumbang 5,7 miliar dollar AS.

Meski demikian, Mac tetap produk yang signifikan bagi Apple, dan salah satu yang terpenting bagi penggemar setia mereka. Pendiri Apple, Steve Jobs memperkenalkan Macintosh pertama pada 1984 dengan iklan komersial yang terkenal tentang seorang wanita yang melemparkan palu pada seorang dystopia , yang menetapkan gambaran untuk strategi pemasaran perusahaan Apple di tahun-tahun mendatang. (AP/Osc/Yant)