Presiden AS terpilih Donald Trump memiliki sebuah pesawat udara pribadi yang sering digunakan untuk keperluan bisnis yang membutuhkan perjalanan jarak jauh atau membawa keluarga untuk berlibur.

Namun setelah menjadi presiden ia pun bisa menggunakan pesawat udara kepresidenan AS Air Force One. Sejauh mana perbedaan antara kedua pesawat terbang itu? Dan pesawat mana yang relatif membuat orang lebih terkesan?

Pesawat udara pribadi Trump adalah pesawat buatan Boeing jenis 757-200 yang ia beli pada  2011 dengan harga lebih dari 100 juta Dollar AS. Trump memberi nama pesawat itu T-Bird.

Pesawat ‘T-Bird dilengkapi dengan mesin turbin dari Rolls Royce, memiliki jarak terbang (tanpa pengisian ulang bahan bakar) adalah 4.500 mil (7.242 km). Kecepatan jelajah horizontal per jam adalah 614 mil (988 km) dengan kru penuh waktu.

Trump dalam kokpit bersama pilot. (foto internet)
Trump dalam kokpit bersama pilot. (foto internet)

Pesawat udara tersebut memiliki 43 buah bangku dan dilengkapi dengan 2 kamar dan 1 ruang kantin. Dalam salah satu ruang yang digunakan untuk lounge itu terdapat sebuah layar besar 57 inci beserta peralatan video dan audio bagi penumpangnya yang ingin menonton film.

Di bagian bangku yang menggunakan logam seperti kunci pada sabuk pengaman dan lainnya terlihat disepuh dengan emas berkadar 24 karat.

Berikut ini adalah penjelasan tentang interior dalam pesawat udara pribadi yang diberikan oleh  wakil presiden pemasaran dari perusahaan Group Trump bernama Amanda Miller.:

Dibandingkan dengan Air Force One, maka pesawat udara kepresidenan itu 1.5 kali lebih besar daripada pesawat pribadi Trump.

Air Force One  yang menggunakan pesawat Boeing 747-200 itu memiliki panjang 232 kaki (71 m), memiliki jarak terbang (tanpa pengisian ulang bahan bakar) adalah 7.800 mil (12.553 km). Kecepatan jelajah horizontal per jam adalah 645 mil (1.038 km) dapat menampung total 102 orang penumpang.

Selain sebuah ruang istirahat, ruang pertemuan, kantor, kantin, fitness dan lainnya, pesawat udara kepresidenan AS juga dilengkapi dengan sistem anti radar, kemampuan untuk menghindari serangan rudal, dan  perangkat pengisian bahan bakan di udara.

Tetapi karena Air Force One adalah pesawat bermodel tua, Trump pernah mengkritiknya dengan mengatakan bahwa penggunaan mesin tua akan memancarkan sejumlah besar karbon dioksida yang bertentangan dengan ide mengurangi emisi karbon Obama.

Pesawat udara kepresidenan AS Air Force One. (Xu Ming/Epoch Times)
Pesawat udara kepresidenan AS Air Force One. (Xu Ming/Epoch Times)

Setelah Trump terpilih, ia menggunakan pesawat udara pribadinya untuk menghadiri undangan Obama di Gedung Putih pada 10 November lalu. Sebelum pesawat tersebut meninggalkan Bandara La Guardia New York, pesawat menerima upacara siraman air penghormatan di bandara yang disemprotkan oleh kendaraan pemadam kebakaran.

Upacara siraman air kehormatan merupakan sebuah ritual tradisional dalam dunia penerbangan. Biasanya dilakukan untuk pesawat yang akan melakukan penerbangan perdana atau terakhir, atau sebagai penghormatan kepada pilot yang melakukan penerbangan terakhir karena pasiun. (Chen Juncun/sinatra/rmat)

Share

Video Popular