Banyak orang di atas usia menengah (40 tahun), pada menemukan bahwa tingkat metabolisme tubuh berubah memburuk, tubuh mulai berubah gemuk, bahkan orang yang menjadi gemuk sebelum mencapai usia menengah semakin lama semakin banyak.

Para penderita obesitas cenderung lebih mudah mengidap berbagai penyakit kronis seperti: gejala sleep apnea (penghentian pernafasan di saat tidur), penyakit hati berlemak non-alkohol dan steatohepatitis, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dislipidemia (angka lemak di dalam darah tidak normal), diabetes, penyakit jantung koroner, stroke, penyakit kandung empedu, arthritis, kanker dan sebagainya.

Ada banyak metode dan anjuran penurunan berat badan, seperti: pola makan dengan kurangi daging, kurangi lemak, kurangi makan, makanan rendah kalori dan diet makanan ringan, meskipun dalam jangka pendek dapat menurunkan berat badan, cara diet radikal seperti ini, dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme di dalam tubuh.

Tidak hanya setelah berhenti diet, tubuh akan menjadi gemuk lagi (bahkan lebih gemuk), tetapi juga menyebabkan lebih banyak penyakit. Penyebab kelebihan berat badan karena selain gangguan gaya hidup (begadang, bagun sangat siang atau malam dan siang menjadi terbalik), kurangnya aktivitas di luar ruangan, hal yang paling penting adalah kebiasaan makan yang tidak benar dan diet yang tidak berimbang.

Karena kondisi fisik masing-masing orang berbeda, program rincian diet sehat yang direkomendasikan seharusnya bervariasi. Tetapi dasar pengoperasian dari fisiologi tubuh manusia adalah sama, itu sebabnya jika dapat menemukan dengan persis program yang umum dan realistis, sehingga sebagian besar orang dapat mengikuti dan dapat menurunkan berat badan tanpa merugikan kesehatan, malah lebih dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam hal ini dokter penyakit dalam dan ahli gizi Wolf Funfack dari Jerman menganjurkan diet keseimbangan metabolisme. Dr. Wolf Funfack yang berat badannya pernah hampir mencapai 100 kilogram, dalam rangka meningkatkan kesehatan dan proporsi tubuhnya, dari file puluhan ribu sample nilai biokimia darah dikombinasikan dengan fungsi bahan pangan, ia telah mengembangkan satu set metode program diet yang dapat membantu tubuh mencapai “keseimbangan metabolik”.

Berdasarkan promosi dari mulut ke mulut oleh para praktisi kesehatan, secara bertahap telah meluas ke masyarakat, telah berhasil membantu setidaknya 350.000 orang menurunkan berat badan dan menyingkirkan penyakit (seperti: diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, asam urat, penyakit alergi …… dan sebagainya).

Metode diet keseimbangan metabolisme dokter Wolf Funfack ini sangat sederhana dan cocok diterapkan setiap hari, juga cocok untuk para pekerja di kantor atau petugas dinas luar. Metode ini memiliki lima prinsip yang harus dipatuhi:

1. Makan tiga kali sehari, setiap kali makan tidak lebih dari 60 menit

Ketika makan tiga kali sehari, gula darah seiring dengan peningkatan asupan makan akan naik untuk kemudian turun kembali. Dan lemak juga justru ketika glukosa darah menurun, secara bertahap akan terurai pada saat makan berikutnya. Jika sehari makan 6 kali, karena gula darah akan cenderung dipertahankan pada level tinggi, meskipun gula darah dapat dipertahankan konstan, tetapi dengan demikian kehilangan kesempatan untuk mengurai/ mendekomposisi lemak.

2. Setiap kali makan dimulai dari protein

Penelitian di zaman modern secara perlahan telah menemukan bahwa penyebab obesitas yang paling penting ialah bukanlah asupan lemak atau protein yang terlalu banyak, melainkan karena kandungan karbohidrat berlebihan yang terkandung di dalam makanan. Karena terlalu banyak makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat menyebabkan insulin dengan cepat mensekresi dalam tubuh secara berlebihan, dan dengan cepat membuatnya diubah menjadi akumulasi lemak yang menyebabkan obesitas. Dr Wolf Funfack percaya jika hendak menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, tiga nutrisi utama (karbohidrat, lemak dan protein) harus mencapai keseimbangan yang memadai. “Makanan terbaik harus mengandung cukup protein dan lemak,” karbohidrat glikemik (GL) rendah sangat penting, bahanbahan ini dapat menaikkan insulin dengan kecepatan yang paling perlahan.

Metode diet keseimbangan metabolisme dari dr. Funfack dengan khusus menekankan pada urutan diet adalah: “protein →sayuran →buah”.  Artinya “setiap kali makan dimulai dari protein (setelah itu baru makan sayur dan buah), point ini sangat penting, itu juga memiliki makna fisiologis penting. Lebih dahulu makan makanan berprotein (seperti daging ikan, ayam, jenis daging lainnya dan telur), enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk mengurai protein di dalam tubuh akan mulai bekerja. Setelah makan protein, pankreas akan memproduksi glucagon yang dapat menekan munculnya insulin, setelah itu baru makan karbohidrat, pada saat ini insulin baru mulai bersekresi, sehingga tingkat kenaikannya akan melambat, tetapi juga membuat rasa lapar perlahan- lahan meningkat. Jumlah sekresi dari “Makan protein terlebih dahulu (tidak harus sekaligus dilahap habis, bisa makan dua atau tiga suap), lebih kecil dari “makan karbohidrat dulu baru kemudian makan protein”, juga karena itulah tidak membuat insulin cepat bersekresi sehingga memengaruhi metabolisme tubuh. Selain itu, setiap kali makan hanya boleh makan satu jenis protein saja, setiap jenis protein dalam satu hari hanya boleh makan satu kali. Karena protein yang terlalu banyak macamnya dapat mengakibatkan beban pada sistem pencernaan, bersamaan itu dapat membuat tubuh menjadi asam.

3. Selang waktu makan adalah lima jam

Apabila setiap hari makan/ ngemil secara non-stop, maka akan terakumulasi dalam jaringan lemak, lantaran kurangnya waktu utnuk pembakaran lemak. Ada interval lima jam baru makan, itu dapat mengurangi beban pada sistem pencernaan, dan dapat membakar lemak.

4. Santap malam/terakhir sebelum jam sembilan malam

Berkurangnya berat badan sebenarnya sebagian besar terjadi pada waktu tidur, karena di saat itu paling banyak lemak yang terbakar. Waktu tidur dapat disebut sebagai waktu puasa terpanjang, sehingga santapan terakhir dalam satu hari tidak boleh terlalu malam.

5. Satu hari setidaknya minum 2 liter air

Zat larutan dalam air semakin sedikit, kemampuan membersihkan akan lebih kuat. Jika menambahkan terlalu banyak zat ke dalam air (minuman ringan/soft drink), dan bahkan mungkin membuat tekanan osmotik dari minuman ringan lebih tinggi dari tubuh manusia, maka tidak  dapat mensuplai cairan ke sel. Dalam keadaan ini, minuman ringan seperti itu benarbenar akan mengambil cairan dari dalam tubuh, sehingga tidak mampu mendetoks sampah dan racun serta fungsi keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Jadi minum banyak air yang murni adalah sangat penting. (Epcohtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular