Pada zaman kuno ada pandangan dalam Taoisme tentang “Roh yang berkelana ke dunia lain”, artinya seseorang bisa jalan-jalan ke dunia manusia atau alam lain saat dalam mimpi atau ketika bermeditasi. Kedengarannya begitu gaib?

Menurut penuturan Xu Dazhi yang menekuni bidang penyembuhan secara keseluruhan dan Holistic Healing & Care selama lebih dari sepuluh tahun itu, bahwa ini bukan cerita legenda yang sangat misterius, kadang-kadang selama tibanya kesempatan itu, atau melalui pelatihan dan bimbingan, semua orang bisa merasakan/mengalami sensasi ini melalui mimpi.

Mimpi bisa membuat kita mengalami kesempatan yang gaib, memungkinkan kita punya kesempatan mengadakan perjalanan ke alam dunia yang berbeda, dan tidak peduli dimana pun keberadaan kita, semua perjalanan itu bisa tiba seketika begitu terlintas dalam pikiran.

Mungkin beberapa diantara anda pernah mendengar suatu keajaiban seperti ini : Ketika seseorang kurang sadarkan diri saat menderita sakit yang parah, ia melihat rohnya melayang, mengambang di udara dalam ruangan tempatnya berbaring, memandangi keadaan dirinya yang terbaring sakit di tempat tidur.

Kemudian, ia melihat cahaya yang indah memancar ke dalam kamar, terasa sangat menyentuh hati dan bersukacita, ada suara yang membimbingnya kembali ke dalam tubuhnya, dan saat siuman, penyakitnya pun terasa lebih baik dari sebelumnya.

“Cerita seperti ini, sebenarnya adalah semacam “Pengalaman roh keluar dari tubuh”(OOBE, Out Of  Body Experience), dan kondisi demikian mungkin berupa pengalaman menjelang ajal, guncangan eksternal yang fatal atau shock, atau terjadinya bimbingan khusus. Namun, selain cara-cara pasif ini, kita juga bisa merasakan roh keluar dari tubuh mengandalkan kekuatan sendiri, yaitu mimpi keluar dari tubuh,” kata Xu Dazhi.

Sebagai contoh, saya punya kerabat yang katanya bermimpi berada di surga, melayang-layang sampai ke sebuah istana, ketika melihat lebih dekat ia melihat ayahnya yang telah meninggal, ia melihat sang ayah tampak sibuk menulis sesuatu di meja kerjanya, hanya melihatnya sekilas lalu kembali terbenam dalam pekerjaannya. Ia hanya berkunjung sebentar di sana, dan merasa ayahnya lumayan baik di dunianya, lalu ia pun siuman dengan damai dari tidurnya (mimpi).

Kemudian, saudara perempuan saya itu terbangun, ia hanya menganggap mimpi itu hanya sebagai pelepas rindu kepada ayahnya, tidak terlalu memikirkannya, namun, tak disangka tak lama kemudian, ketika suaminya menanyakan sesuatu di kuil, sang perantara (roh halus) langsung berpesan kepada suaminya, “Mertuamu sekarang menulis kitab suci di surga, dia orang yang baik semasa hidupnya di dunia, bernasib baik tapi tidak berkah, jadi sekarang menulis kitab suci untuk menambah kebajikannya, saat ada waktu luang, jangan lupa membantu menyalin kitab suci untuknya.”

Mendengar itu suaminya pun terperanjat, tak disangka mimpinya sama persis seperti yang diceritakan sang perantara roh, dan ini bukan hanya sekadar mimpi.

“Demikianlah, mimpi itu bisa membuat kita mengalami pertemuan yang ajaib, memungkinkan kita punya kesempatan untuk berjalan-jalan ke alam dunia yang berbeda, bahkan kalau ada orang yang ingin ditemui dalam pikiran, tak peduli di mana pun berada, semua itu bisa terwujud hanya dalam selintas pikiran.”

Menurut penjelasan Xu Dazhi, mimpi roh keluar dari tubuh itu sangat berharga, umumnya roh keluar dari tubuh itu perlu pengorbanan yang sangat besar, dan harus melakukan kultivasi yang sangat lama, tetapi mimpi roh keluar dari tubuh itu bisa kita alami melalui latihan, ini adalah satu cara yang praktis.

Saat tidur dapat memberikan lingkungan yang diperlukan tubuh, kesadaran kita bisa menurun secara alami, dan sensasi tubuh juga akan menurun, ketika alam bawah sadar individu itu aktif, coba lepaskan diri anda tanpa beban pikiran apapun, maka saluran yang menuju ke alam bawah sadar kolektif itu akan lebih terbuka.”

Alam bawah sadar, seperti suatu kotak hitam yang tersembunyi dikedalaman batin manusia, tersembunyi banyak misteri tetapi tidak tahu darimana menginterpretasikannya, sementara mimpi mungkin merupakan jembatan penghubung antara kesadaran dengan alam bawah sadar. (Secretchina/ Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular