Anda akan sulit menemukan aktivitas sederhana selain berjalan jalan  dengan anak-anak, namun bermanfaat sangat besar.

Setelah masa jalan-jalan dengan mendorong kereta bayi telah berlalu, berjalan jalan dengan anak cenderung jarang dilakukan, sehingga telah membiarkan kesempatan berharga berlalu begitu saja. Cobalah jalan kaki bersama keluarga, Anda akan senang melakukannya.

Hirup udara segar

Berjalan jalan sambil menghirup udara segar dengan berpakaian yang sesuai musim, merasakan desiran angin, suhu, dan lingkungan di sekitar adalah suatu kenikmatan jika Anda dapat meluangkan waktu dan menikmatinya.

Membuka komunikasi

Ketika mengambil setiap langkah,  Anda memberikan banyak kesempatan untuk anak-anak Anda berbicara dengan Anda mengenai ide mereka, hal yang terjadi dalam hidup mereka, kekhawatiran mereka, impian dan keinginan mereka, buku favorit mereka, dan apa saja yang ingin mereka utarakan kepada anda.

Mengasah keterampilan mengamati

Ketika Anda dan keluarga berjalan jalan, kalian akan mengamati lingkungan sekitar. Dorong anak Anda untuk menjadi penasaran, dan menggunakan semua panca inderanya untuk memperhatikan apa yang ada di sekitarnya. Biarkan anak-anak Anda untuk mengambil gambar atau membawa buku sketsa untuk menuangkan apa yang mereka temukan.

Mendampingi keluarga dengan tulus

Bersenang-senang dengan tulus mendampingi keluarga Anda saat berjalan kaki. Pikiran Anda sebaiknya tidak memikirkan masa lalu atau apa yang Anda khawatirkan di masa depan. Anda harus benar-benar tulus untuk hadir menikmati waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai.

Mengumpulkan sesuatu

Sepanjang jalan anak-anak Anda dapat mengumpulkan barang-barang yang di pikirannya dapat dimanfaatkan dalam proyek seni dan kerajinan tangannya atau hanya iseng mengumpulkan. Kerang, biji-bijian, buah pinus, tongkat, batu, daun, …apa saja. Bawa serta tas kecil atau wadah untuk menaruh ‘harta karun’ yang ditemukan anak-anak di sepanjang jalan. Mengumpulkan barang-barang merupakan bagian dari pengalaman untuk memotivasi anak-anak di masa yang akan datang.

Menuai manfaat fisik dan mental

Kebiasaan berjalan kaki telah terbukti menguntungkan tatalaksana  berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan penyerapan vitamin D, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam meningkatkan kebahagiaan.

Mengembangkan kebiasaan hidup

Mempertahankan kebiasaan rutin berjalan kaki dengan anak-anak Anda dan mendorong mereka untuk melihat kegiatan ini sebagai bagian penting dari kehidupan. Kebiasaan ini dapat mereka lakukan di mana saja di hampir setiap tahap dalam hidup, dan salah satu kegiatan yang menguntungkan mereka sepanjang hidupnya.

Tidaklah mudah memelihara budaya menjelajah, rasa ingin tahu, aktivitas fisik, dan kebahagiaan. Kumpul keluarga dan jalan kaki bersama-sama. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular