Sekarang ini, lavender adalah minyak atsiri yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Teks-teks zaman kuno mengatakan bahwa minyak lavender telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan agama selama lebih dari 2.500 tahun.

Orang Mesir menggunakan minyak lavender untuk membuat mumi dan sebagai parfum. Bangsa Romawi menggunakan minyak lavender untuk mandi, memasak dan untuk mengharumkan udara ruangan.

Banyak peneliti mengklaim bahwa 2.000 tahun yang lalu, lavender disebut sebagai minyak narwastu.

Jadi, seberapa jauh jangkauan manfaat minyak lavender untuk kesehatan?

Sesungguhnya kami belum tahu jawabannya. Untuk membuktikan kebenaran manfaat minyak lavender seperti yang disebut dalam sejarah, baru-baru ini ilmu pengetahuan mulai mengevaluasi berbagai manfaat minyak lavender untuk kesehatan.

Sekarang ini, lavender adalah minyak atsiri yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk memberikan nuansa bagaimana ampuh tanaman kuno ini, saya mengumpulkan apa yang saya percaya adalah atas tujuh manfaat kesehatan dari minyak lavender dan alasan Anda harus mempertimbangkan menggunakannya.

Berikut 7 manfaat minyak lavender berdasarkan penelitian

1. Melindungi karena bersifat antioksidan

Penelitian  dari Tiongkok baru-baru ini menemukan bahwa minyak lavender membantu tubuh untuk memproduksi tiga antioksidan yang paling kuat, yaitu: glutation, katalase, dan superoksida dismutase dalam waktu 22 jam menggunakan minyak lavender!

2. Pengobatan diabetes

Penelitian mengenai lavender yang paling menarik dilakukan pada tahun 2014. Ilmuwan dari Tunisia menyelesaikan tugas yang menarik: untuk menguji efek minyak lavender terhadap kadar gula darah untuk melihat apakah minyak atsiri lavender dapat mengobati diabetes.

Melindungi tubuh dari gejala diabetes berikut ini:

• Peningkatan kadar glukosa darah (ciri khas diabetes)

• Gangguan metabolisme (terutama metabolisme lemak)

• Bertambahnya berat badan (membingungkan mengapa diabetes semakin parah, begitu juga dengan lingkar pinggang penderita yang semakin lebar!)

• Berkurangnya antioksidan di dalam hati dan ginjal (salah satu alasan mengapa diabetes adalah  mematikan)

• Gangguan fungsi hati dan ginjal

• Lipoperoksidasi hati dan ginjal (ketika radikal bebas “mencuri” molekul lemak yang diperlukan dari membran sel)

Yang mengagumkan, aktivitas antioksidan lavender yang membasmi radikal bebas sebenanya lebih kuat dibandingkan dengan asam askorbat (vitamin C)!

Apakah manfaat ini memberitahu kita bahwa minyak lavender harus digunakan sebagai pilihan pengobatan untuk penderita diabetes? Mungkin saja.

3. Memperbaiki suasana hati dan mendukung otak

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kapsul minyak atsiri lavender 80 mg mengurangi  kecemasan, gangguan tidur dan depresi.

Selain itu, penelitian ini menunjukkan tidak ada efek samping penggunaan minyak lavender untuk mengobati kecemasan, insomnia dan depresi. Padahal kita tahu bahwa obat farmasi seperti prozac memiliki efek samping yang berbahaya.

* Untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, taruhlah minyak lavender di dalam  diffuser di kamar tidur sehingga minyak atsiri lavender akan menyebar saat Anda tidur di malam hari atau di ruang keluarga saat Anda membaca atau santai di senja hari. Minyak lavender juga dapat digosokkan di belakang telinga untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Menyembuhkan luka bakar dan luka akibat terpotong

Khasiat antimikroba minyak atsiri  lavender telah diketahui secara luas, dalam sejarahnya lavender tercatat mencegah berbagai infeksi dan memerangi gangguan bakteri/jamur. Bahkan, hampir 100 penelitian yang telah dilakukan membuktikan kebenaran ini berulang kali.

* Untuk luka bakar atau eksim, campurkan minyak atsiri lavender dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1: 5 untuk penyembuhan yang cepat.

5. Manfaat pada Kulit

Karena karakteristik antimikroba dan antioksidan,minyak  atsiri  lavender yang dicampur dengan lidah buaya atau minyak kelapa sangat bermanfaat untuk kulit.

10 Tetes minyak  lavender untuk setiap 1 ons lidah buaya atau minyak kelapa akan menyembuhkan  radang kulit yang sangat parah akibat terpapar sinar  Matahari dan menyembuhkan kulit kering, luka ringan dan luka akibat tergores dengan cepat.

Ingin mengurangi bintik-bintik di kulit akibat penuaan? Campurkan minyak lavender dengan minyak kemenyan, kemudian oleskan pada kulit setiap pagi, segera setelah mandi dan sebelum tidur. Sudah banyak kisah sukses dari campuran kedua minyak ini supaya awet muda dan mengurangi bintik-bintik hitam akibat terpapar sinar matahari.

6. Mengurangi nyeri kepala

Ada jutaan orang di seluruh dunia yang berjuang untuk sembuh dari nyeri kepala akibat terlalu tegang dan migrain. Menurut penelitian kesehatan yang baru dilakukan, minyak lavender adalah obat alami yang mereka cari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, penderita nyeri kepala akibat migrain memperlihatkan berkurangnya nyeri secara bermakna ketika menghirup aroma minyak lavender selama 15 menit.

Pengobatan alami yang paling efektif untuk nyeri kepala adalah dengan mencampurkan minyak lavender dengan minyak peppermint dan menggosokkan campuran minyak ini di belakang leher, sisi kanan dan kiri dahi dan secara bersamaan menghirup aromanya. Teteskan 2 tetes minyak lavender dan 2 tetes minyak peppermint di telapak tangan kemudian digosokkan ke daerah tersebut supaya bekerja dengan sempurna.

7. Meningkatkan kualitas tidur dan menyembuhkan insomnia

Sebuah penelitian terhadap mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan minyak lavender meningkat kualitas tidurnya sebesar 60 persen. Hal ini meliputi lamanya tidur, waktu mulai tidur, merasa tenang dan mengurangi gejala insomnia.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative Complementary Medicine menunjukkan bahwa minyak atsiri  lavender terbukti menyembuhkan 5 orang pria dan 5 orang wanita yang berjuang menghadapi insomnia.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur, Anda dapat menyebarkan aroma lavender sebelum atau selama tidur, atau mengoleskan minyak atsiri lavender langsung pada leher, dada dan dahi.

Jika Anda sulit tidur, maka campuran minyak  atsiri lavender, minyak chamomile Romawi dengan minyak magnesium yang merupakan campuran minyak terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur.

15 Tetes minyak lavender dan 1 cangkir garam Inggris (magnesium sulfat atau epsom) ke bak mandi adalah cara lain yang efektif untuk untuk meningkatkan kualitas tidur dan supaya tubuh rileks.

Seperti yang anda lihat, manfaat minyak atsiri lavender adalah luar biasa dan memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan.(  DrAxe.com/Josh Axe /Vivi/Yant)

Dr. Josh Axe, DNM, DC, CNS, adalah seorang dokter pengobatan alami, ahli gizi klinis, dan seorang  penulis

Share
Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular