Ketua The Fed Beri Isyarat akan Menaikkan Suku Bunga AS Bulan Depan

421
Ketua the Fed Janet Yellen mengisyaratka kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember 2016. (Mark Wilson/Getty Images)

Oleh Cao Jing

Dalam dengar pendapat di Kongres AS tentang perkembangan ekonomi nasional, Ketua Federal Reserve Janet Yellen juga mengisyaratkan akan kemungkinan menaikan suku bunga di bulan Depan.

Ia percaya bahwa menaikkan suku bunga secepatnya sekarang sudah tepat, bahkan terlalu lama menunda dapat menyebabkan bertambahnya resiko yang akhirnya akan mengganggu stabilitas moneter.

Jika pasar tenaga kerja membaik, tak ada salahnya the Fed untuk memutuskan kenaikan suku bunga secepatnya. Ucapan Yellen ini mungkin merupakan isyarat bahwa the Fed bulan depan berencana untuk menaikan suku bunga.

Dunia luar memperkirakan bahwa terpilihnya presiden baru AS mungkin akan menghambat proses kenaikan suku bunga. Namun, Yellen tidak memberikan penjelasan.

Tetapi, jika ditilik dari suku bunga berjangka the Fed sekarang, pelaku pasar menganggap bahwa tingkat probabilitas Bank Sentral AS untuk menaikkan suku bunga pada bulan Desember tahun ini bisa mencapai 90.6%

Setelah penyampaian Yellen di Kongres itu dipublikasikan media, harga saham AS di bursa berjangka hampir tidak berubah, kecuali harga obligasi AS yang mengalami sedikit penurunan, tetapi indeks Dollar AS naik. (Sinatra/rmat)