Jika pengendara di jalan di seluruh dunia harus menanggung penderitaan berkelamaan akibat munculnya lubang yang merusak jalan, pihak berwenang di Jepang justru telah memberikan pelajaran dalam efisiensi perbaikan akibat sinkhole besar hanya dalam satu minggu.

Jurang menganga tersebut setelah diukur mempunya lebar sekitar 30 meter dan kedalaman 15 meter, namun sekarang jalan tersebut sudah benar-benar dibuka kembali untuk umum, pada pukul 05:00 hari Selasa (15/11) lalu.

Banyak orang telah menyatakan kekagumannya pada pekerjaan perbaikan yang begitu cepat tersebut. Pengguna media sosial juga telah menyuarakan kekaguman mereka setelah jalan itu dibuka begitu cepat.

Tim konstruksi di Fukuoka, di barat daya negara itu, bekerja sepanjang waktu, menuang sejumlah besar semen basah dan pasir ke dalam lubang besar dan memperbaiki saluran listrik, gas dan air.

kerusakan jalan yang parah akibat sinkhole
Saluran air utama meledak memuntahkan semburan air berlumpur ke dalam lubang raksasa, yang menyebabkan kekacauan di distrik bisnis kota. Menimbulkan masalah besar sehingga penghuni bangunan terdekat harus diungsikan akibat runtuhnya jalan.

Diperkirakan jalan runtuh karena konstruksi kereta bawah tanah meruntuhkan tiang-tiang penyangga bangunan di dekatnya. Ajaibnya, tidak ada yang terluka saat jalan runtuh di Fukuoka, yang merupakan kota terbesar dan ramai di pulau utama paling selatan dari Kyushu.

Walikota, Soichiro Takashima, membungkuk memberikan penghormatan dan menyatakan penyesalannya ketika perbaikan jalan selesai dikerjalan, dalam ungkapan pernyataannya, “Kami sangat menyesal karena menyebabkan masalah besar.”

Kekaguman masyarakat terlontar di banyak media sosial atas pemulihan jalan yang begitu cepat.

“Saya terkejut jalan dibuka kembali dalam seminggu,” kata salah satu pengguna Twitter.

“Impresif. Itu sangat cepat,” kata yang lain.

“Saya melihat padamnya cahaya yang jatuh. Itu benar-benar menakutkan,” kata seorang pria kepada Fuji TV setelah peristiwa itu terjadi.

Sinkhole besar itu muncul di distrik Hakata, dengan segera air bawah tanah berlumpur mengalir ke dalam lubang tersebut. Hakata merupakan kota yang ramai dan menjadi pusat bisnis dan hiburan utama. (ran)

 

Share

Video Popular