Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah bertemu presiden terpilih Donald Trump di New York pada Kamis (17/11/2016). Usai pertemuan Abe mengatakan bahwa Jepang menaruh kepercayaan kepada Trump.

Abe mengatakan, meskipun selama kampanye presiden miliarder itu sering secara tajam mengkritik  Jepang yang dikatakan kurang maksimal dalam usahanya untuk meningkatkan hubungan keamanan bilateral. Tetapi usai pertemuan yang berlangsung selama 90 menit pada hari Kamis itu ia berpendapat bahwa Trump memiliki pribadi yang layak untuk dipercaya.

Seorang juru bicara pemerintah Jepang mengatakan, Abe dan Trump memiliki ‘hubungan awal yang sangat baik’.

Dari foto yang dirilis pemerintah Jepang terlihat bahwa putri Trump, Ivanka, menantu Jared Kushner dan Michael Flynn, seorang pensiunan jenderal yang mungkin akan dipercaya oleh Trump untuk menangani keamanan nasional ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

Meskipun rincian percakapan dalam pertemuan itu tidak diungkapkan kepada media, namun  kepada wartawan yang menunggu di depan gedung, Abe mengatakan, “Percakapan antara kedua belah pihak berlangsung sangat lama dalam suasana yang menyenangkan”.

Abe juga berterima kasih kepada Trump yang sudi untuk meluangkan waktu dari kesibukan masa transisi kepemimpinan saat ini untuk menemui dirinya.

Abe juga mengatakan bahwa ia yakin dengan pribadi dan kepemimpinan seorang Donald Trump.

“Saya tegaskan keyakinan saya, dan bersama dengan Trump kita mampu membangun hubungan yang saling percaya,” katanya.

Selama kampanye pemilu, Trump telah mengisyaratkan bahwa AS dapat menarik ratusan ribu pasukan AS dari Jepang dan Korea Selatan, dari aspek militer menarik diri dari wilayah Asia Pasifik yang semakin tegang.

Meskipun Abe tidak mengungkapkan soal apakah ada komitmen konkret untuk keamanan Jepang yang disampaikan oleh Trump dalam pertemuan mereka, tetapi dari sikap optimis yang terlihat dari wajahnya  usai pertemuan dapat diduga bahwa pertemuan tersebut setidaknya telah mengurangi rasa khawatir dari sejumlah pejabat Jepang terhadap hubungan bilateral kedua negara.  ( Zou Yun/sinatra/rmat)

Share

Video Popular