Merawat kulit adalah suatu keharusan, namun yang terpenting adalah pilihan makanan yang dimakan untuk memiliki kulit yang sehat. Makanan yang tepat dapat meningkatkan penampilan kulit, mencegah keriput, dan melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar Matahari.

1. Almond

Puaskan rasa lapar di antara jam makan dengan almond. Almond kaya akan vitamin E, yaitu antioksidan yang mleindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan keriput, dan dapat mencegah pelapukan kulit, menurut dokter kulit Ahmet Altiner, MD, asisten profesor dermatologi klinis di Universitas Cornell dan pemilik UWS Dermatology & Skin Care di New York City.

2. Paprika merah

Dengan menambahkan setengah cangkir paprika merah ke dalam tumisan atau salad sama dengan hampir setengah dosis vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari. Seperti antioksidan lainnya, paprika merah melindungi kulit terhadap radikal bebas yang merusak. Tubuh juga menggunakan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi kencang. Anda tidak suka makan  paprika? Pilihlah makanan lain yang kaya akan vitamin C, seperti pepaya, stroberi, kiwi, dan kale.

3. Wortel

Wortel memancarkan aura dari dalam tubuh ke luar. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas St. Andrews di Skotlandia, warna kulit peserta penelitian membaik setelah enam minggu makan satu sampai tiga porsi makanan yang kaya beta-karoten. Para ilmuwan menjelaskan bahwa senyawa di dalam wortel membuat warna kulit seperti keemasan. Namun jangan makan wortel secara berlebihan, karena kulit Anda akan berwarna kuning seperti jeruk.

4. Salmon

Anda pasti sudah tahu bahwa omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak adalah baik untuk jantung. Omega-3 adalah salah satu yang terbaik untuk kulit. “Salmon memerangi peradangan yang dapat menyebabkan bercak-bercak, ruam, dan masalah kulit lainnya,” kata Tammy Lakatos Shames, R.D., co-penulis The Nutrition Twins ‘Veggie Cure. Makan lemak yang sehat dapat menurunkan risiko kanker kulit. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan suplemen omega-3 kurang rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV daripada orang yang tidak makan suplemen omega-3. Jika Anda bukan penggemar ikan, maka Anda dapat memperoleh sumber asam lemak omega-3 dari kenari atau biji rami.

5. Lean beef

Yang dimaksud dengan lean beef adalah daging sapi yang mengandung kurang dari 4,5 gram lemak jenuh, kurang dari 10 gram lemak total, dan kurang dari 95 mg kolesterol.

Ahmet Altiner menjelaskan bahwa kekurangan seng dapat menyebabkan peradangan, ruam, dan rosacea. Daging merah tanpa lemak adalah sumber mineral yang terbaik, yang dapat membasmi  kerusakan oksidatif dan memperbaiki proses pembaharuan kulit.

Tambahan: Penelitian menunjukkan bahwa seng juga dapat melindungi terhadap kerontokan rambut.

6. Cokelat hitam

Lupakan mitos bahwa makan cokelat menyebabkan jerawat. Cokelat hitam mengandung sangat banyak flavonol, yaitu senyawa antioksidan yang memperbaiki kulit. Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition, tekstur kulit orang yang minum minuman cokelat yang diperkaya flavonol setiap hari akan membaik—kurang kasar dan kurang bersisik—dan lebih tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

7. Teh hijau

Minuman teh hijau mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang kuat. Para ilmuwan dari Universitas Emory menemukan bahwa mengonsumsi suplemen teh hijau akan meningkatkan jumlah jaringan elastis kulit, sehingga mencegah terjadinya keriput. Penelitian lain menunjukkan bahwa teh hijau mengurangi risiko kanker kulit.

8. Biji-bijian utuh

Tepung, seperti biji-bijian olahan, akan diubah menjadi gula di dalam tubuh. Gula mengikat jaringan, yang membuat molekul berbahaya yang disebut advanced glycation end (AGE) yang merusak kolagen, sehingga kulit menjadi kendor dan keriput. Penelitian dipublikasikan dalam dalam British Journal of Nutrition melaporkan bahwa makan kadar gula yang tinggi akan memulai pelapukan kulit sebelum Anda berusia 35 tahun. Di sisi lain, serat dalam tepung biji-bijian utuh memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan kadar gula darah, yang bermanfaat meningkatkan energi dan wajah menjadi awet muda.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular