Pemerintah Tiongkok meminta otoritas Mongolia membatalkan rencana penyambutan pemimpin spiritual Tibet dalam pengasingan Dalai Lama  yang berkunjung pada  Jumat (18/11/2016).

BBC berbahasa Mandarin melaporkan, Dalai Lama tiba di Mongolia pada Jumat (18/11/2016) malam untuk kunjungannya selama 4 hari di sana, seorang biksu dari Gandan Khiid, Ulanbator mengatakan bahwa kunjungan Dalai Lama sepenuhnya bertujuan untuk keagamaan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang saat menjawab pertanyaan  wartawan dalam konferensi pers reguler pada sore harinya meminta kepada otoritas  Mongolia untuk tidak memberikan segala bentuk dukungan dan kemudahan bagi Dalai Lama.

Laporan juga menyebutkan bahwa Buddha Mongolia dan Buddha Tibet memiliki hubungan yang erat. secara tradisi, Dalai Lama juga diakui sebagai pemimpin spiritual di Mongolia. Dalai Lama yang sejak 1959 meninggalkan Tibet dan hidup dalam pengasingan di India, sejak 1979 sudah 8 kali berkunjung ke Mongolia.

Selama kunjungan Dalai Lama ke Mongolia pada 2006, pemerintah Tiongkok memanfaatkan ketergantungan ekonomi Mongolia pada Daratan Tiongkok untuk mengekspresikan ketidakpuasan dengan cara menghentikan transportasi kereta api dan angkutan udara antara Daratan dengan Mongolia. (Central News Agency/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular