Oleh: Zhang Bing-kai

Para ilmuwan menemukan piramida Kukulkan, sebuah struktur Piramida kecil di dalam Piramida, seperti boneka bersarang dalam budaya tradisional Rusia, benar-benar menakjubkan.

Piramida setinggi 10 meter itu ditemukan di dalam dua struktur lain di kompleks arkeologi Maya, yang dikenal sebagai Chichen Itza di negara bagian Yucatan. Penemuan tersebut menunjukkan piramida ini dibangun dalam tiga tahap.

Tahun lalu, ilmuwan menyelidiki struktur dalam Piramida setelah ditemukannya sungai gelap di dalam Piramida Kukulkan. Arsitek dari Universitas Otonom Nasional Meksiko menggunakan Tomografi Listrik 3D, menemukan sebuah Piramida kecil setinggi 10 meter di dalamnya. Diperkirakan Piramida kecil ini dibangun sekitar antara kurun tahun 500 – 800.

Struktur di dalam Piramida Maya sebenarnya terdiri dari Piramida kecil di dalammnya. (internet)
Struktur di dalam Piramida Maya sebenarnya terdiri dari Piramida kecil di dalammnya. (internet)

Piramida kecil ini terletak di dalam Piramida setinggi 20 meter, struktur menengah ditemukan pada 1930-an dan diperkirakan dibangun pada 800-1000 Masehi. Sedangkan yang terbesar diyakini telah selesai sekitar tahun 1300 Masehi.

Antropolog dari University of California, Geoffrey Braswell mengibaratkan struktur Piramida kecil dalam Piramida Kukulkan seperti boneka bersarang dalam budaya tradisional Rusia. Permukaan boneka mainan tradisional Rusia yang indah ini sekilas terlihat seperti boneka besar yang indah. Saat dibuka, akan terlihat sebuah rangkaian boneka bersarang dari berbagai ukuran besar dan kecil.

“Jika kita bisa meneliti struktur ini di masa depan, ini akan menjadi penemuan penting, karena bisa memberi tahu kita tentang periode pertama kehidupan masyarakat asli,” kata Denisse Lorenia Argote arkeolog dari National Institute of Anthropology and History, Meksiko. (Secretchina/Chen Gang/joni/rmat)

Share

Video Popular