JAKARTA – Deputi Bidang Meteorologi,  BMKG, Yunus S. Swarinoto, mengatakan berdasasrkan pantauan kondisi atmosfer terkini terdapat indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 3 hari ke depan pada 24-26 November 2016.

Sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdasarkan prediksi BMKG adalah Aceh, Sumatera Utara bagian Utara, Sumatera Barat, Lampung bagian Barat dan Utara, Banten, Jabodetabek bagian Selatan, Jawa Barat bagian Barat dan Selatan.

Wilayah lainnya adalah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian Utara, Kalimantan Barat bagian Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua bagian Utara

BMKG kepada seluruh masyarakat mengimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi dengan ketinggian antara 2.5 – 4.0 meter di Samudera Hindia selatan Sumatera hingga selatan Jawa. (asr)

Share

Video Popular