Erabaru.net. Anda tahu bahwa Anda tidur dengan perasaan yang baik dan nyaman dan bangun tidur seakan-akan perlu adanya katrol untuk mengeluarkan Anda dari tempat tidur.

www.pramborsfm.com

Seluruh tubuh terasa sakit di pagi hari , dan itu bukan disebabkan karena Anda tidur dalam posisi miring atau di atas bantal yang buruk.

Ternyata tampaknya tubuh kita menekan peradangan saat kita tidur, menyebabkan nyeri yang lebih buruk ketika kita bangun tidur dan peradangan kembali terjadi, demikian menurut penelitian baru di  Universitas Manchester, Inggris,  yang diterbitkan dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology.

Peneliti memeriksa sel manusia dan tikus yang masing-masing menderita artritis rheumatoid, suatu penyakit peradangan. Penderita artritis rheumatoid telah lama mengetahui bahwa gejala mereka dapat bervariasi sepanjang hari, banyak yang lebih menderita kekakuan sendi setelah bangun tidur.

Tetapi sedikit orang yang tahu mengenai bagaimana irama sirkadian— jam batin kita yang memberitahu kita kapan harus tidur dan kapan harus bangun tidur — mengendalikan serangan nyeri.

Peneliti di Inggris ingin mencari tahu mengenai hal ini.

Apa yang peneliti temukan adalah bahwa ketika tikus terpapar cahaya secara terus-menerus, maka cakarnya menjadi lebih bengkak dan ada peningkatan kadar beberapa penanda peradangan di dalam darahnya.

Di dalam kegelapan, kadar beberapa penanda peradangan di dalam darahnya menurun. “Di malam hari, kadar penanda peradangan menurun namun secara bertahap meningkat lagi di pagi hari,” kata Julie Gibbs, PhD., seorang  peneliti dan penulis penelitian di  Universitas Manchester.

Dia  memperingatkan bahwa penelitian tertentu tidak memeriksa adanya nyeri, tetapi jika Anda menganggap bahwa peradangan yang lebih parah menyebabkan nyeri yang lebih parah, maka “Anda akan mengalami peradangan lebih parah di sendi dan nyeri yang lebih parah di pagi hari,” katanya

Gibbs menjelaskan bahwa protein yang sangat spesifik di dalam sel mengatur detak jam sirkadian, dan tampaknya salah satu protein yang terlibat dalam jarum jam batin, yang disebut kriptokrom, juga memengaruhi peradangan.

Dengan penelitian lebih lanjut, dia percaya ahli akan mampu memprediksi pada jam berapakah obat anti-peradangan paling bermanfaat atau bahkan mengembangkan pengobatan yang dapat menargetkan protein kriptokrom untuk mengurangi peradangan, walaupun hal ini masih lama menjadi kenyataan.

Dengan mengetahui bahwa irama sirkadian memengaruhi nyeri, maka hal termudah untuk dilakukan adalah menjalani irama sirkadian daripada melawannya, terutama jika Anda harus berjuang menahan nyeri sendi yang sedang berlangsung.

cdn1-a.production.images.static6.com

“Pada umumnya kita semua tahu bahwa memiliki irama sirkadian yang sehat bermanfaat untuk kesehatan,” kata Julie Gibbs, PhD.

Benar sekali: Terapkan jadwal tidur yang teratur. Tidur pada waktunya dan bangun pada waktunya secara konsisten, termasuk di akhir pekan.( Epochtimes/Sarah Klein/Vivi)

Share

Video Popular