Ilmuwan AS berhasil mengembangkan baterai super, waktu pengisian penuh hanya butuh beberapa detik, dan usia pemakaian baterai mampu mencapai hingga beberapa dekade ke depan. Baterai ini akan memberi dampak besar pada industri teknologi.

Melansir laman phys.org, baterai ini memiliki kapasitas superior dan usia pakai yang lama, sehingga para peneliti menyebutnya “super-kapasitor.”  “Pengguna ponsel dapat mengisi daya ponsel dalam beberapa detik dan tak perlu melakukan hal itu lagi hingga satu pekan kemudian,” kata Nitin Choudhary, peneliti dari University of Central Florida (UCF).

Secara khusus, usia baterai jenis baru ini mampu mencapai beberapa dekade. Baterai lithium yang digunakan secara luas saat ini, di mana setelah 1500 kali pemakaian atau 1 tahun setengah kemudian, baterai lithium-ion akan secara bertahap mulai kehilangan daya tiap kali pengisian ulang.

Sementara jensi baterai super kapasitor yang dikembangkan peneliti dari University of Central Florida ini mampu tetap bekerja seperti baru setelah diiisi ulang hingga 30.000 kali.

Para peneliti memanfaatkan graphene untuk baterai superkapasitor ini. Graphene digunakan untuk menciptakan sebuah permukaan besar untuk menyimpan elektron dan meningkatkan daya tahan baterai. Material ini juga dimanfaatkan untuk menyimpan energi secara statis.

Meski masih prototipe tahap awal, penemuan ini cukup menjanjikan karena penemuan ini akan menjadi solusi untuk masalah krisis energi. Baterai ini sekaligus dapat mendukung teknologi lain, seperti kendaraan listrik, ponsel, atau penyimpanan listrik lainnya.

Baterai bertenaga tinggi yang dikemas dengan super kapasitor dapat menyimpan energi dalam jumlah besar. Baterai ini terlihat seperti sepotong logam tipis fleksibel seukuran kuku jari dan dapat digunakan pada ponsel, mobil listrik dan perangkat yang dapat dikenakan (wearables) menurut para peneliti. Para peneliti mengatakan, baterai super saat ini hanya berupa produk percobaan, masih butuh beberapa waktu untuk produksi secara komersial. (Ye Ziwei/Jhon/asr)

Share

Video Popular