Jangan pernah memandang rendah siapa pun, sekarang ia terpuruk, tapi tidak berarti masa depannya suram. Sebaliknya kehidupan Anda lancar tidak ada kendala yang berarti, tapi belum tentu selamanya akan lancar-lancar saja seperti itu. Dunia terus berubah, pasang surutnya perjalanan hidup seseorang itu tidak bisa diprediksi oleh siapapun.

Di dunia ini, ada banyak orang yang tidak lebih baik hidupnya daripada Anda, tapi mungkin masih banyak orang yang melebihi Anda. Jadi, jika Anda tidak punya modal seperti itu, sebaiknya jangan memandang rendah orang lain, termasuk mereka yang hidupnya tidak sebaik Anda!

Siapapun dia, tetap harus kita hormati dan hargai, tidak peduli seberapa buruk hidup mereka, dan tak peduli seberapa rendah hidup mereka. Bahkan meski orang yang terganggu mentalnya atau orang gila sekalipun juga jangan dengan mudahnya memandang hina atau membencinyaa, meskipun jiwa mereka tidak “waras” lagi,  setidaknya mereka tahu masih ada kasih sayang. Sementara ada orang yang normal justru tidak tahu akan kasih sayang ini. Seperti kalimat yang berbunyi : “ada orang yang hidup, tapi sudah mati ; sebaliknya ada orang yang sudah mati, namun ia masih hidup”.

Setiap orang memiliki pola hidupnya masing-masing, mungkin hanya karena cara hidup mereka saja yang membuat Anda tidak bisa menerimanya. Selama hati mereka baik, dan selama mereka memiliki cinta kasih dan bakti, tidak masalah meski dalam pandangan kita, mereka itu tak lebih dari pengangguran atau orang-orang hidupnya tidak karuan. Tidak peduli apa yang ada dalam pikiran orang lain, jangan memandang  rendah mereka, justru seyogyanya memperlakukan mereka dengan cara yang sama layaknya sahabat

Menilai seseorang, jangan dikarenakan ia tidak bisa apa-apa lantas memandang rendah padanya. Terlebih lagi jangan menghargai setingi langit hanya karean ia sangat hebat. Katakan pada diri Anda sendiri : Jangan memandang rendah siapapun, tidak peduli bagaimana hidupnya sekarang, sekarang ia hidup terpuruk, tapi tidak berarti masa depannya juga akan suram, meskipun sekarang hidup lumayan baik, belum tentu di masa depan akan lebih baik dari sekarang.

Meskipun berduit, saat berjalan di jalan raya, harap hormati para penyapu jalanan, karena mereka memberikan kebersihan! Meskipun Anda kaya raya, tetapi jangan memandang rendah mereka. Karena, mungkin secara materi mereka sangat jauh dibandingkan dengan Anda, tetapi itu tidak berarti kehidupan spiritual mereka tidak  kalah dengan Anda. Jangan memandang rendah siapa pun, sisi tertentu dari orang lain yang tidak sebaik Anda itu bukan berarti tidak sebaik Anda, mungkin suatu hari nanti, kehidupan mereka akan sehebat Anda.

Kehidupan secara materi seseorang mungkin sulit, tapi selama mereka kaya secara spiritual itu juga sudah cukup. Karena Anda tidak tahu, mungkin tanpa sengaja kata-kata yang Anda ucapkan dengan mereka itu akan berdampak pada sepanjang hidup Anda.

Di mata orang lain, ada orang yang dianggap bukan orang baik, tapi itu bukan dianya yang tidak baik,  melainkan kebaikannya itu hanya untuk sebagian kecil orang saja, dan maaf, mungkin Anda bukan termasuk bagian dari orang-orang itu, karena itu Anda tidak mengetahuinya. Jadi jangan dengan mudahnya memandang rendah siapapun, cobalah untuk menghormati mereka, mungkin Anda akan menemukan sesuatu yang tak terduga.

Meskipun Anda kaya dan hebat, Anda juga tidak boleh memandang rendah siapapun, bagaimanapun juga masih ada yang lebih kaya dan hebat dari Anda di dunia ini. Jangan merasa puas diri atas setitik hasil yang Anda dapatkan sekarang, karena masyarakat selalu bergerak maju ke depan!

Orang-orang yang terlihat kaya sekarang, belum tentu kelak akan bergelimang harta lagi. Sebaliknya orang-orang yang terlihat miskin sekarang, belum tentu akan selalu miskin selamanya. Dunia terus berubah, begitu juga dengan kita, berubah, namun, tidak peduli bagaimana dunia ini berubah, harap jangan dengan mudahnya memandang rendah pada seseorang.

Ada sesuatu yang layak Anda pelajari dari setiap individu, sekalipun mereka tidak pernah mengecap pendidikan. Jangan pikir sekarang Anda adalah seorang sarjana, atau punya gelar doktor, pejabat atau gelar bergengsi lainnya, lantas Anda pikir tahu segalanya. Seseorang yang benar-benar sukses itu tidak akan pernah memandang rendah siapapun. Mereka yang sukses tidak memandang rendah orang lain, apalagi kita hanya orang biasa. Jadi jangan pernah sekalipun memandang rendah orang lain. (Secretchina/Micro-Chih/Jhn)

Share

Video Popular