Oleh: Luo Ya

Makna universal Sembilan Komentar mendirikan tonggak bersejarah

Sampai saat ini “Sembilan Komentar” telah diterjemahkan ke dalam 30 lebih bahasa dan diterbitkan di banyak negara. 5000 lebih seminar “Sembilan Komentar” telah diselenggarakan di seluruh dunia, mendorong seluruh dunia untuk de-komunisasi dan berdampak sangat besar.

Profesor Zhong Weiguang menyatakan, “Sembilan Komentar” telah menganalisa bagaimana kediktatoran satu partai PKT terbentuk. Pertama-tama ia pasti bukan sejarah Tiongkok dan bukan produk budaya Tiongkok.

Kedua adalah otokrasi satu partai ini pasti akan membentuk sebuah grup mafia.

Ketiga adalah di dalam otokrasi satu partai pasti akan terbentuk mekanisme mereka sendiri.

Mekanisme seperti itu secara budaya, ideologi dan bahkan struktur organisasi semuanya adalah triad. Dan semua inti yang membentuk otokrasi satu partai ini adalah menentang kemanusiaan. Hanya setelah kehadiran “Sembilan Komentar”, di Tiongkok telah muncul celaan terhadap kejahatan anti  kemanusiaan dari kelompok Jiang Zemin dan mengungkap kejahatan tersebut.

Jadi keseluruhan serial ini telah menentukan berangkat dari nilai-nilai tradisional seperti sejati, baik, sabar, dilanjut dengan melakukan sebuah analisa total dan mencambuk kelompok anti kemanusiaan ini. Dalam pengertian ini, saya pikir makna sejarah Sembilan Komentar sangat jauh dan mendalam sekaligus universal.

Selama satu abad ini perlawananan terhadap totaliterisme, perlawanan terhadap otokrasi satu partai, perlawanan berbagai bencana umat manusia yang paling besar, seperti Perang Dunia II, seperti Holocaust (pembantaian terhadap orang Yahudi) dan seperti pembantaian terhadap rakyat dengan mengatasnamakan perjuangan kelas, seluruh umat manusia, korban dari sejumlah kasus bencana ini bangkit untuk melawan. Bangkit untuk melecut dan mengungkap kejahatan-kejahatan di atas dunia tersebut, boleh dikata Sembilan Komentar telah mendirikan suatu tonggak bersejarah.”

“Sembilan Komentar telah mempercepat secara maksimal proses orang-orang yang mencampakkan partai komunis dan proses tercerai berainya partai komunis, dan sangat memperluas lingkup keseluruhan. Dalam makna seperti ini, secara riel semua orang telah melihat, partai komunis tidak mungkin bisa diselamatkan dan Partai Komunis itu sendiri tidak mungkin bisa berubah menjadi baik,” kilah Zhong Weiguang.

Zhong Weiguang mengutip proses transformasi ideologi mantan penyanyi legendaris Jerman Timur Wolf Bierman untuk menjelaskan bahwa hal ini adalah klasik.

Bierman (80) pernah memiliki keyakinan teguh terhadap Komunisme, oleh sebab itu ia pernah kembali ke Jerman Timur. Dalam proses pertumbuhannya di Jerman Timur karena penuh dengan sifat mengkritik ia pun menjadi seorang pembangkang.

Pada 1976 ia diasingkan ke Jerman Barat, paspornya dicabut yang berarti keberadaannya tidak dikehendaki lagi di Jerman Timur. Sebelumnya Wolf Bierman juga seperti kebanyakan orang Tiongkok yang percaya bahwa di dalam Partai Komunis masih akan keluar orang-orang berbudi luhur yang mungkin bisa berubah menjadi demokratis.

Sejak ia diasingkan, ia telah benar-benar kehilangan harapan seperti itu, ia merasakan Partai Komunis tidak mungkin berubah menjadi demokrasi.”

Ia menekankan, Sembilan Komentar telah mengungkapkan secara mendalam bahwa Partai Komunis adalah sekelompok geng mafia, ia adalah sebuah mesin gangster dari inti hingga kulit, sejak ia mulai didirikan hingga saat terakhir.

Mesin tersebut tidak mungkin bertransformasi sendiri menjadi demokrasi, tidak mungkin bisa mentransformasi diri sendiri menjadi baik. Semua orang yang berada di dalam mesin ini juga adalah tidak mungkin baik, jika orang tersebut ingin menjadi baik maka ia hanya bisa meletakkan pisau pembantai (insyaf dan bertobat) agar segera menjadi Buddha (mencapai kesempurnaan). (lin/whs/rmat)

TAMAT

Share

Video Popular