Adapun yang dimaksud dengan “penonton terakhir”, adalah mengacu pada seumur hidup seorang pria Terlepas bagaimana melewati hari-harinya, sosok orang yang benar-benar menyatakan terima kasih dalam hidupmu pada detik itu juga bukan orag lain, tapi isteri Anda.

Sedangkan yang dimaksud dengan “deposito terakhir” adalah mengacu pada seorang perempuan yang setelah memasuki usia senja, dimana meskipun masih bisa berkumpul bersama anggota keluarga hingga lima generasi, banyak anak, cucu dan cicit, tapi orang yang benar-benar tidak menyesal menemami Anda hingga akhir hayat itu bukan orang lain, melainkan hanya suami Anda.

Sepasang suami isteri dengan penampilan fisik yang sangat kontras bisa hidup bersama sampai tua. Sepasang suami isteri dengan tingkat pendidikan yang sangat jauh berbeda bisa langgeng, dan sepasang suami isteri yang selalu bertengkar saat remaja tiba-tiba saling menghormati setelah memasuki usia senja. Secara garis besar semua ini bukan karena cinta diantara mereka telah mengental, tetapi dikarenakan mereka telah menanam “budi kebaikan” dalam kehidupan sehari-hari mereka yang dilalui dengan berbagai lika-liku jangka panjang.

Sebagai suami isteri, adalah pasangan kekasih saat remaja, asisten karier saat memasuki usia setengah baya, kemudian berkembang menjadi pasangan ayah-ibu ketika memasuki usia senja. Karena lamanya kebersamaan, sehingga sifat ayah dan ibu masing-masing yang terpendam akan terlihat secara tidak sengaja, dan secara bertahap berkembang menjadi tokoh sebagai “ayah-ibu” masing-masing. Merawat dan melindungi pasangan hidup sendiri seperti melindungi anak-anak sendiri, dan tidak peduli berapa banyak kekurangan maupun kelebihannya, tidak peduli berapa besar kesalahan yang tak termaafkan semasa muda, atau pernah menyakiti hati, semua itu dapat diterima dengan lapang dada dan ditolerir.

Pada hakekatnya, inilah yang disebut cinta. Meskipun sisi keromantisme cinta ini tidak begitu kental, tapi karena penuh dengan kasih sayang, kebajikan, rasa persahabatan dan saling membantu, sehingga meskipun porsi cinta itu  tidak seberapa, tapi tetap bisa membuat pernikahan itu menjadi hangat dan bahagia. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share

Video Popular