Hipertensi adalah risiko kesehatan yang serius, dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya, kontrol tekanan darah secara teratur dan jangka panjang pada pasien hipertensi dapat menghindari terserang penyakit lainnya. Tetapi selain makan obat, pada kenyataannya, ada cara alami untuk menurunkan tekanan darah, berikut adalah beberapa cara yang tercantum dalam situs web Medical Daily:

Menurunkan berat badan

Mayo Clinic Amerika mengatakan tekanan darah akan sseuai dengan kenaikan berat badan menjadi bertambah, sehingga penurunan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan dikurangi 4,5 kilogram juga dapat membantu. Ahli lain mengatakan pada kegiatan fisik, jalan cepat juga berefektivitas, tetapi sebaiknya dilakukan beberapa kali seminggu, setiap kali tidak boleh kurang dari setengah jam.

Kurangi Minum kopi

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan rasa tekanan dalam tubuh, sehingga memungkinkan tekanan darah naik. Namun, Mayo Clinic menyatakan bahwa penelitian belum ada kesimpulan, kafein mungkin hanya memiliki efek terhadap orang yang jarang minum kopi, tetapi lebih aman tidak meminum. Mayo klinik menyarankan mengukur tekanan darah sebaiknya dilakukan setelah 30 menit setelah minum kopi, untuk mengkonfirmasi tekanan darahnya tidak akan menjadi dampak dari kafein.

Mengurangi asupan garam

Mayo Clinic mencatat bahwa mengurangi natrium (komponen utama garam) dalam makanan, membantu mengontrol tekanan darah tinggi, yang dapat memperlambat efek natrium dan kalium pada tekanan darah. Faktor-faktor lainnya harus memperhatikan kandungan lemak dan kolesterol dari makanan, dan memakan lebih banyak buah dan sayuran dan kurangi minum minuman beralkolhol, juga akan membantu.

Cukup istrirahat

Tidur adalah untuk beristirahat dan perbaikan fungsi dalam tubuh, sangat penting bagi kesehatan. Mayo Clinic mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam per malam cenderung memiliki tekanan darah tinggi, atau dapat memperburuk hipertensi.

Menghindari Stress

Tekanan akan mendorong orang untuk terlibat dalam kegiatan yang tidak sehat, seperti: merokok, minum minuman beralkohol, dll, juga dapat menyebabkan pembuluh darah mengencang, menyebabkan tekanan darah naik. Mayo Clinic mengatakan menghabiskan 15-20 menit sehari untuk duduk diam dan mengambil napas dalam-dalam, atau melakukan sesuatu yang Anda sukai, membantu mengurangi stres.

Bermeditasi secara teratur

American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika) mengatakan bahwa meditasi dapat menghilangkan stres, merasakan kondisi psikologis yang damai dan relaksasi, membantu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk pasien penyakit jantung, meditasi dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke hingga 50%, dan membantu Anda dapat tidur dengan nyenyak.

 

Share

Video Popular