PIDIE JAYA – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,4 SR terjadi di wilayah Kabupaten Pidie Jaya,  Aceh pada Rabu (7/12/2016) pukul 05.03 WIB.  Gempa juga dirasakan sejumlah wilayah lain di Kabupaten Biruen dan Kota Banda Aceh, namun yang terparah terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya merilis laporan sementara kerusakan dan korban jiwa akibat gempa yang melanda Aceh. Gempa ini tak menyebabkan terjadi tsunami.

Berikut laporan sementara :

  • Kabupaten Pidie Jaya

Korban Jiwa : Dilaporkan 1 orang luka-luka dan 1 orang meninggal dunia.

Kerugian mteril : SPBU Ulee Glee rusak, gedung lantai IV STAI Al-Aziziah roboh, meunasah Muko Kuthang Ulee Gle hancur 10 Unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa jalan desa rusak, 4 Unit rumah semi permanen roboh, 2 Unit masjid roboh

  • Kabupaten Biruen :

Kab. Bireuen terjadi  2 Unit rumah roboh dan 1 Unit Masjid roboh.

Gempa dengan  kekuatan gempa  6.4 SR itu terjadi denga kedalaman 10 Km hingga menyebabkan masyarakat setempat panik berhamburan keluar rumah.  Gempa dirasakan kuat di Pidie Jaya selama 15 detik,  di Kota Banda Aceh selama 5 detik,  Aceh Besar selama 10 detik dan  di Bireuen 10 detik. (asr)

https://www.youtube.com/watch?v=UG3r8W2tnfs

Share

Video Popular