JAKARTA – Gempa dengan kekuatan 6,4 SR yang terjadi di Aceh, Rabu (7/12/2016) menyebabkan kerusakan dan kroban jiwa di luar dari dugaan. Jumlah korban dan kerusakan akibat gempa terus bertambah tertuma di Kabupaten Pidie Jaya, Biruen dan Pidie. Bencana yang terjadi di pagi hari ini, membuat perhatian dan simpatik banyak orang di seluruh dunia, terutama dari Tanah Air.

Ucapan duka dan belasungkawa mendalam datang dari segala penjuru Tanah Air. Segala macam ucapan belasungkawa turut meramaikan linimasa media-medisa sosial. Akun Twitter bahasa Indonesia dari klub sepakbola dari Italia, Intermilan berbelasungkawa atas musibah di Aceh.

“Kami turut berduka atas bencana gempa bumi Aceh. Semoga saudara kami di Aceh diberikan ketabahan dan kekuatan,” tweet @inter_id.

Musisi Slank Abdi Negara turut menyampaikan duka cita atas musibah yang melanda Tanh Rencong. “Belasungkawa serta Doa untuk saudara-saudara ku di Pidie Jaya, Aceh. Semoga tabah dan segera pulih dari cobaan ini.”

Perdana Menteri Malaysia Moh Najib Tun Rajak turut berbelasungkawa atas musibah yang melanda warga Aceh. “Takziah kepad keluarga mangsa tragedi gempa bumi Aceh. Malaysia berkongsi perasaan sedih Indonesia & sedia hulur sebarang bantuan yang perlu,” tulis Najib dalam akun twitter resminya.

Sekitar ratusan personel TNI dan Polri sudah berada di lokasi terdampak untuk membantu aktivitas tanggap darurat. Pastinya tim BPBD dan PMI bahu-membahu juga mengevakuasi korban bencana dan   memberikan dukungan personel untuk membantu tangggap darurat di Pidie Jaya.

Komplek Senayan turut bersimpati untuk memberikan sumbangan dengan tujuan meringankan beban yang dialami warga Aceh. Ketua DPR RI Setya Novanto juga memerintahkan khususnya anggota DPR dapil Aceh segera turun untuk melihat langsung serta berkoordinasi dengan Komisi dan lembaga terkait.  Kepada keluarga yang masih dalam proses pencarian dimohon untuk bersabar dan diharapkan proses evakuasi terselengara dengan baik.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutop Purwo Nugroho mengatakan upaya penanganan terus dilakukanuntuk melakukan bantuan penanganan darurat.  Saat ini, BPBD Pidie Jaya dan BPBD Pidie bersama dengan TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan lainnya melakukan penanganan di lokasi.

Menurut Sutopo, fokus utama saat ini adalah pencarian dan penyelamatan korban yang tertimpa bangunan yang roboh dengan dukungan personil dari TNI sebanyak 740 orang dan Tagana sebanyak 40 orang. Saat ini Kepala BNPB telah berada dilokasi dan telah melaporkan kepada Presiden RI terkait dampak dan kerusakan akibat gempa. BNPB bersama Kementerian PU, Kementerian Sosial memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah. (asr)

Share

Video Popular